Home / Info Kesehatan / 12 Penyebab Bayi Rewel Tiap Hari

12 Penyebab Bayi Rewel Tiap Hari

Penyebab Bayi Rewel Tiap Hari
Penyebab Bayi Rewel Tiap Hari

Penyebab Bayi Rewel Tiap Hari – Bayi rewel atau bayi dalam kondisi menangis terus menerus tanpa ada sebab yang pasti biasanya hal ini banyak dihindari dan biasanya memaksa anak untuk diam bagaimanapun caranya. Bayi rewel membutuhkan kondisi yang nyaman untuk menyembuhkannya. Bayi yang rewel pun membutuhkan kesabaran, tenaga ekstra, waktu yang banyak untuk menjaga bayi atau menenangkan bayi. Penyebab bayi rewel perlu di pelajari kenapa sang bayi selalu menangis. Biasanya terdapat faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jika hal ini dibiarkan saja, bisa jadi hal tersebut menjadi kebiasaan selama masa pertumbuhannya.

Perlu dipahami bahwasanya seorang bayi belum bisa berkata apapun ketika mereka merasakan sesuatu dalam tubuhnya. Bayi hanya bisa menangis dan menangis ketika mengalami sesuatu. Dalam keadaan normalpun tangisan bayi merupakan suatu hal yang wajar. Tetapi jika berlebihan juga perlu diwaspadai. Karena sang bayi merasakan sesuatu didalam tubuhnya. Sebenarnya bayi rewel terdapat hal-hal baik dari yang mudah ditangani maupun sampai yang perlu penanganan dokter. Untuk itu, Anda perlu mengetahui penyebab bayi rewel agar jika mendapati kondisi tersebut, Anda dapat dengan mudah menanganinya.

Penyebab Bayi Rewel yang Perlu Anda Tahu

  • Merasa lapar

Hal yang paling mudah dipahami ketika bayi rewel atau menangis terus menerus adalah bayi merasa lapar. Hal ini biasanya terjadi karena sudah datang waktunya sang bayi minum ASI maupun makan (bagi yang sudah MPASI). Hal ini biasa terjadi pada bayi yang diasuh oleh pengasuh baru dan baru saja adaptasi dengan si bayi. Waktu makan bayi dengan waktu makan orang dewasa memiliki perbedaan. Orang tua maupun yang mengasuhnya perlu mengetahui frekuensi dan volume susu bayi yang dikonsumsi baik tiap kali minum maupun tiap harinya. Jika hal ini merasa kurang, alangkah baiknya Anda sebagai orang tua untuk berkonsultasi kepada dokter ahli anak maupun gizi agar kebutuhan asupan bayi menjadi terpenuhi.

  • Setelah buang air kecil

Bayi setelah buang air kecil biasanya akan menangis. Hal ini merupakan hal biasa. Biasanya sang bayi merasa tidak nyaman ingin popoknya untuk segera diganti. Setelah diganti, biasanya sang bayi akan segera tenang kembali.

  • Setelah buang air besar

Sama halnya dengan saat bayi buang air kecil. Sang bayi akan merasa tidak nyaman. Apalagi setelah buang air besar, sang bayi akan merasa ada yang mengganjal di bagian pantatnya. Jika hal ini tidak segera diganti, akan mengalami ruam-ruam di sekitar pantat bayi. Oleh karena itu, jagalah kesehatan organ khusus tersebut.

  • Ruam

Terlalu lama menggunakan popok pabrikan akan membuat daerah sekitar organ intim bayi akan mengalami ruam. Apalagi jika dalam membersihkan daerah intim tersebut setelah buang air kecil maupun buang air besar tidak bersih atau terkesan asal-asalan. Hal ini jika dibiarkan begitu saja akan menjadikan permukaan kulit akan membuat perih dan kemerahan. Alhasil bayi akan merasakan kesakitan. Alangkah baiknya untuk menggunakan popok kain dan membersihkan hingga tuntas dalam membersihkan buang air. Baca juga : Cara Membersihkan Kelamin Bayi Laki-laki dan Cara Membersihkan Kelamin Bayi Perempuan

  • Pilek

Seperti halnya orang dewasa, flu atau pilek merasa mengganggu. Apalagi bagi bayi yang masih rentan dalam kesehatannya. Terkadang lender yang terdapat dalam hidung akan menghambat pernafasan sang bayi. Ketidaknyamanan hal tersebut membuat bayi kesulitan bernafas. Kesulitan bernafas akan membuat bayi menangis atau rewel.

  • Saluran pencernaan bermasalah

Gangguan saluran pencernaan merupakan hal yang paling sering dialami oleh bayi. Keadaan ini akan menyiksa bayi. Alhasil bayi akan menangis atau rewel karena kesakitan pada saluran pencernaannya.

  • Batuk

Seperti halnya flu, bayi yang mengalami batuk akan merasakan ketidaknyamanan. Dimanakah ketidaknyamanan itu? Di tenggorokan tepatnya. Biasanya orang yang batuk akan mengalami pengumpulan lender di tenggorokannya. Hal ini sangat mengganggu baik bagi orang dewasa maupun bayi. Lender yang ada di tenggorokan biasanya diawali oleh iritasi pada saluran pernafasan. Akibatnya udara yang keluar masuk dari hidung ke paru-paru akan mengalami gangguan sehingga bernafaspun tidak lancar.

  • Demam

Penyebab bayi rewel berikutnya adalah demam. Demam akan membuat badan terasa tak nyaman. Orang dewasa yang merasa demam pasti akan merasa badannya tidak nyaman dan susah untuk bergerak karena badan sakit semua. Apalagi bayi yang hanya bisa menangis untuk mengutarakan ketidaknyamanannya.

  • Kejang

Demam yang akut akan membuat bayi menjadi kejang. Kejadian ini diharapkan untuk tidak terjadi. Kenapa kejang bisa terjadi? Karena suplai oksigen ke otak tidak lancar. Setiap bayi memiliki perbedaan terkait lama kejang yang dialaminya. Hal ini tergantung kondisi sang bayi. Usahakan untuk mengobati sang bayi sebelum kejang terjadi.

  • Sembelit

Bayi yang mengalami kesulitan dalam buang air besar biasanya akan menangis dan cenderung rewel. Hal ini akan mengakibatkan kondisi perut menjadi tidak nyaman atau biasa disebut dengan kembung. Sembelit biasanya terjadi ketika kotoran yang ada dalam perut bayi terlalu keras sehingga susah untuk dikeluarkan. Sehingga membutuhkan tenaga lebih untuk mengeluarkan kotoran tersebut.

  • Nyamuk

Nyamuk adalah hewan kecil yang bisa dikatakan mengganggu tidur bayi. Bayi yang belum bisa apa-apa dan masih sering tidur akan merasa terganggu dalam tidurnya. Sehingga orang tua diharapkan bisa mengkondisikan nyamuk tidak hinggap pada tubuh sang bayi. Salah satu saran yang bisa dipraktekkan adalah dengan menggunakan kelambu tidur bayi. Hal ini untuk menghalangi nyamuk untuk menggigit bayi Anda.

  • Kamar yang terlalu gelap atau terang

Intensitas cahaya yang masuk kedalam mata bayi masih minim. Sehingga ketika bayi menerima cahaya berlebih maupun dalam keadaan gelap, kondisi mata bayi tidak bisa menerima dengan baik. Dan pastinya sang bayi ingin selalu berada disebelah orang tuanya.

  • Bayi Kecapekan

Sebuah keluarga kecil yang hanya terdiri dari sepasang orang tua dan anak yang masih bayi tidak sedikit yang membawa bayinya untuk pergi jalan-jalan. Baik dalam rangka belanja, silaturahmi, atau lain sebagainya. Tidak jarang sang bayi mengalami kecapekan sehingga membuat sang bayi menjadi rewel. Oleh karena itu, sang bayi perlu dipijat. Tetapi sebelum dipijat, Anda harus mengetahui manfaat pijat bayi

Demikianlah penyebab bayi rewel yang harus Anda pahami dan mengerti. Jangan sampai bayi rewel hingga berlarut-larut. Hal ini akan berdampak buruk jika sang bayi rewelnya karena sakit. Karena bayi masih rentan terhadap penyakit dan hanya bisa menangis untuk memberikan tanda bahwa sang bayi berada dalam kondisi yang tidak nyaman. – Toko obat herbal

Check Also

Benturan Kepala Mengakibatkan Gegar Otak

Benturan Kepala Mengakibatkan Gegar Otak

Benturan Kepala Mengakibatkan Gegar Otak – Dalam setiap aktifitas pasti akan memiliki tingkat kecelakaan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *