Saturday , December 16 2017
Home / Jenis Penyakit / 5 Penyebab Vagina Terasa Sakit yang Perlu Anda Tahu

5 Penyebab Vagina Terasa Sakit yang Perlu Anda Tahu

Penyebab Vagina Terasa Sakit yang Perlu Anda Tahu – Miss V atau vagina merupakan organ terpenting pada wanita. Organ inilah yang merupakan jalan masuk dimana awal terjadi pembuahan terjadi. Tidak sedikit wanita yang menyepelekan kesehatan miss V. terkadang ketika miss V sakit, disitulah Anda anggap hal tersebut biasa-biasa saja. padahal hal tersebut tidak boleh diremehkan dan harus segera diatasi. Merawat organ intim khususnya wanita merupakan hal yang terpenting dalam hidupnya. Supaya terhindar dari segala jenis penyakit yang akan muncul, maka kesehatan dan kebersihan miss V pun harus diperhatikan.

Apakah Anda sudah pernah mengalami miss V terasa sakit atau nyeri? Sudah tau masalah dan cara mengatasinya? Berikut ini akan dikupas mengenai penyebab vagina terasa sakit beserta solusi yang mudah untuk Anda terapkan.

Penyebab Vagina Terasa Sakit
Penyebab Vagina Terasa Sakit

Penyebab Vagina Terasa Sakit

  1. Vagina Terasa Sakit Karena Bau Tidak Sedap

Pernahkah Anda mencium bau tidak sedap pada celana dalam Anda? Jika iya, maka terdapat sesuatu bermasalah pada miss V Anda. Aroma yang tidak sedap tersebut disebabkan oleh berbagai hal. Jika cairan atau lender yang terdapat pada miss V atau menempel pada celana dalam Anda berbau busuk, kemungkinan Anda terkena infeksi bakteri. Bakteri tersebut bernama vaginosis atau ulkus mulut. Hal ini biasanya diakibatkan oleh penggunaan celana dalam yang kurang bersih dalam pencucian dan kadar kelembaban pada organ intim Anda termasuk tinggi. Selain itu, kebiasaan menunda mengganti pembalut ketika menstruasi.

Untuk mengatasinya, Anda dapat konsumsi antibiotik secara rutin hingga bau tidak sedap tersebut hilang.

  1. Vagina Terasa Sakit Saat Hubungan Suami Istri dan Buang Air Kecil

Jika hal ini terjadi, bisa jadi ini merupakan indikasi bahwa organ intim Anda khususnya bagian vulva terkena infeksi atau terkena penyakit menular seksual.

Untuk mengatasinya, silahkan konsultasikan kepada dokter yang khusus menangani permasalahan seksualitas atau kelamin. Konsultasi ke dokter bisa Anda lakukan jika rasa sakit tersebut terjadi lebih dari dua hari berturut-turut. Tetapi jika rasa sakit tersebut tidak sampai dua hari berturut-turut, kemungkinan organ intim Anda mengalami kekeringan. Jika ingin berhubungan, disarankan menggunakan pelumas atau cairan lubrikasi sebagai solusinya.

  1. Vagina Terasa Sakit Karena Merasa Gatal

Merasa gatal pada organ intim Anda merupakan indikasi terkena jamur atau bakteri vaginosis. Rasa gatal yang ditimbulkan biasanya dikarenakan reaksi kulit yang sensitif terhadap hal-hal asing yang berada disekitarnya. Biasanya rasa gatal tersebut diakibatkan oleh penggunakan celana dalam yang kurang bersih dalam proses pencucian, sabun mandi yang sudah terkontaminasi bakteri, ataupun sabun khusus organ intim yang tidak cocok dengan kondisi kulit.

Solusinya adalah dengan menjaga kemurnian dan higienis sabun yang Anda gunakan, cuci pakaian dalam Anda sampai bersih tanpa ada tertinggal sisa detergen sedikitpun, dan gunakan sabun khusus organ intim yang cocok dengan kondisi kulit organ intim Anda.

  1. Vagina Terasa Sakit Karena Kekeringan

Kekeringan pada organ intim kewanitaan biasanya dialami oleh wanita yang memasuki masa menopause. Selain itu, wanita yang berada pada masa pasca kelahiran dan sering mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti antidepressants atau anthistamines juga sering terjadi kekeringan pada miss V. Wanita yang tidak bergairah saat berhubungan pun terkadang juga mengalami kekeringan. Alhasil ketika berhubungan akan merasakan sakit.

Solusinya adalah dengan menggunakan pelumas atau cairan lubrikasi. Bagi yang konsumsi obat-obatan, disarankan untuk menghentikan konsumsinya.

  1. Vagina Terasa Sakit Karena Terdapat Benjolan

Benjolan pada organ kewanitaan tidak perlu dirisaukan.  Seperti yang dikatakan oleh penulis buku “V is for Vagina” yaitu Ob-Gyn Alyssa Dweck yang menyatakan bahwa hal tersebut merupakan biasa dan bisa apa saja, biasanya tumbuh seperti garis rambut hingga kista sebaceous.

Solusinya adalah dengan membasuh benjolan tersebut dengan air hangat dan mengoleskan dengan sedikit krim hidrokortison jika terjadi peradangan. Jika penanganan pertama tersebut masih berlanjut, silahkan konsultasikan dengan dokter khusus kelamin.

Demikianlah penyebab vagina terasa sakit. Jadi disarankan bagi Anda untuk tidak terlalu risau atau gelisah dulu atas apa yang Anda alami saat ini. Gunakanlah pertolongan pertama dahulu sebelum pengobatan secara medis melalui dokter. Jika memang tidak dapat Anda tangani sendiri, silahkan konsultasikan kepada dokter khusus kelamin atau seksualitas. – Toko Obat Herbal

Check Also

Obat Alami Mengatasi Jerawat Membandel

Obat Alami Mengatasi Jerawat Membandel

Obat Alami Mengatasi Jerawat Membandel – Setiap orang pasti menginginkan wajah yang putih dan bersih berseri. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *