Home / Diet / Terapi Air Putih, Bisakah?

Terapi Air Putih, Bisakah?

Terapi Air Putih, Bisakah? — Air putih adalah minuman yang biasa dikonsumsi oleh setiap orang dalam hidupnya. Tidak ada orang yang dalam sehari-harinya tidak mengkonsumsi air putih walaupun hanya satu gelas. Air putih yang merupakan anugrah dari Allah sebagai konsumsi harian kita, tidak jarang orang menggunakannya sebagai sarana terapi. Yak benar, terapi air putih. Emang bisa? Terapi air putih ternyata sudah dikenal sejak dulu dalam menyembuhkan penyakit. Beberapa diantaranya adalah menyembuhkan penyakit ginjal, haid tidak lancar, berat badan berlebih, epilepsi, asma, TBC, jantung, disentri, ambeyen, reumatik, kencing manis, asam urat, batu ginjal, leukimia, asam lambung, diare, dan masih banyak lagi penyakit yang dapat diobati dengan model terapi air putih.

Terapi Air Putih
Terapi Air Putih

Pertanyaannya sekarang bagaimana sistem kerja terapi air putih? Dengan mengkonsumsi air putih dengan takaran yang benar, dapat berdampak usus besar bekerja dengan lebih optimal dengan metode membentuk darah baru. Dalam bidang medis, hal ini biasa disebut dengan nama aematopaises. Ketika usus sudah bersih maka segala macam gizi dapat diserap secara maksimal oleh usus yang masuk bersama makanan. Nah gizi makanan tadi dirubah menjadi darah baru yang kelak menjadi penyembuh dari segala macam penyakit dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Oleh karena itu, disarankan untuk rajin mengkonsumsi air putih secara teratur supaya tubuh tetap selalu sehat dan bersemangat.

Cara terapi air putih

  1. Ketika bangun tidur, konsumsilah kira-kira 1.5 liter air atau setara dengan 5 sampai 6 gelas. Pada awalnya hal ini akan menjadi beban dan tidak jarang akan menjadi kembung. Tapi tidak apa-apa. Biasakanlah hal tersebut, maka tubuh akan menjadi terbiasa dengan mengkonsumsi air sebanyak itu diawal pagi.
  2. Yang perlu diperhatikan adalah jangan makan maupun minum setelah mengkonsumsi air putih tersebut. Usahakan jika ingin makan dan minum, berilah jeda minimal satu jam setelah terapi air putih tersebut. Supaya terapi air putih tersebut dapat berjalan dengan maksimal.
  3. INGAT!!! Kurangi dan kalau bisa hindari minum-minuman beralkohol. Karena akan merusak organ dalam tubuh secara perlahan-lahan tanpa kita sadari.

Disarankan untuk penderita penyakit persendian atau peradangan untuk melakukan terapi air putih ini selama 3 kali sehari, pagi, siang, dan sore untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Setelah cara terapi air putih tersebut kita bahas bersama, mungkin pembaca sekalian masih penasaran dengan manfaat mengkonsumsi air putih secara teratur. Ya khan? Berikut ini akan dibahas mengenai beberapa manfaat air putih untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat air putih untuk tubuh kita

  • Menurunkan berat badan

Menurut penelitian, terdapat hubungan antara mengkonsumsi air putih dengan menurunkan berat badan. Masak sich? Hal ini dikarenakan dengan mengkonsumsi air putih yang cukup akan membuat tubuh kita merasa kenyang. Dan secara tidak langsung asupan kalori kedalam tubuh kita akan menurun. Sehingga yang menjadi bahan dasar pembakaran dalam tubuh adalah lemak. Dan tidak sedikit yang melakukan terapi air putih ini untuk menurunkan berat badan dan terbukti efektif dalam proses dan melihat hasilnya.

  • Menghilangkan dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh sangatlah bahaya. Bahayanya adalah organ-organ dalam tubuh yang kerjanya membutuhkan air, tidak akan berjalan maksimal. Sehingga lambat laun organ dalam tubuh kita akan menurun kinerjanya dan tidak jarang organ tersebut sudah tidak berfungsi lagi. Oleh karena itu, konsumsilah air putih untuk menghilangkan dahaga dan menghilangkan dehidrasi dalam tubuh kita.

  • Meningkatkan sistem peredaran darah

Darah yang ada dalam tubuh membutuhkan air. Karena bahan dasar dari darah sendiri adalah air. Sehingga untuk mensuplai darah ke seluruh tubuh membutuhkan air yang bersih seperti air putih. Sehingga jika menginginkan suplai darah yang lancar keseluruh tubuh, usahakanlah konsumsi air yang cukup sebagai salah satu terapi air putih.

  • Meningkatkan mood

Terapi air putih ini juga dapat untuk mengembalikan bahkan meningkatkan mood yang sebelumnya sedang jelek-jeleknya. Kok bisa? Biasanya mood menurun dikarenakan suplai darah ke otak mengalami penurunan. Nah dengan air putih, bisa mengembalikan lagi suplai darah ke otak menjadi lancar.

  • Mengobati migrain

Migrain atau sakit kepala sebelah salah satu sebabnya adalah dehidrasi atau kekurangan cairan. Sehingga solusi yang paling tepat adalah tambah cairan dengan mengkonsumsi air putih yang cukup agar cairan dalam tubuh kembali normal.

  • Mencegah penuaan dini

Sudah tidak asing lagi bahwa air putih bisa bikin awet muda. Air putih yang kita konsumsi dapat meluruhkan racun-racun yang bersarang dalam tubuh kita dan mengeluarkannya melalui air kencing. Racun yang telah keluar tadi membuat kulit kembali normal dengan pori-pori kulit menjadi kencang kembali sehingga terlihat awet muda. Sehingga banyak artis ataupun orang terkenal lainnya menyarankan untuk mengkonsumsi air putih yang cukup agar tetap awet muda.

  • Meningkatkan energi

Para olahragawan biasanya konsumsi air putihnya tergolong tinggi. Kenapa? Karena biasanya olahragawan ketika sudah lelah, membutuhkan asupan air untuk mengembalikan kerja otot seperti semula. Karena kerja otot juga membutuhkan bantuan cairan untuk menggerakkannya.

Demikianlah beberapa cara dan manfaat terapi air putih untuk kesehatan. Air putih merupakan minuman yang tergolong murah dan menyehatkan sehingga jangan disia-siakan untuk hal-hal yang tidak baik. Karena semakin hari cadangan air tanah semakin menipis sehingga disarankan pergunakanlah air dengan bijak. – Toko obat herbal

Check Also

Olahraga yang Sesuai untuk Orang Tua

5 Olahraga yang Sesuai untuk Orang Tua

Olahraga yang Sesuai untuk Orang Tua – Olahraga merupakan salah satu aktifitas yang sebenarnya wajib …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *