Saturday , December 16 2017
Home / Keluarga / 11 Hal Pentingnya Kesenian Untuk Perkembangan Anak

11 Hal Pentingnya Kesenian Untuk Perkembangan Anak

Pentingnya Kesenian Untuk Perkembangan Anak – Kegiatan yang berbau seni ternyata sangat penting untuk perkembangan anak khususnya pada kreatifitas otaknya. Seperti menyayi, melukis, bermain gitar, bermain piano, teater, dan masih banyak lagi. Pertanyaannya sekarang, apakah Anda tahu pentingnya kesenian untuk perkembangan anak? Menurut penelitian, kesenian yang dilakukan oleh sang anak, akan berdampak positif pada perkembangan otak, mental, fisik, sosial, dan psikologis anak.

Berikut ini akan dibahas mengenai pentingnya kesenian untuk perkembangan anak. Anda penasaran? Silahkan lanjutkan membacanya.

Pentingnya Kesenian Untuk Perkembangan Anak
Pentingnya Kesenian Untuk Perkembangan Anak

Pentingnya Kesenian Untuk Perkembangan Anak

  1. Meningkatkan rasa PD atau percaya diri

Selalu belajar dan belajar mengenai sebuah kemampuan atau keahlian baru akan berdampak pada peningkatan rasa percara diri anak. Hal ini akan efektif pada anak-anak yang memiliki sifat pemalu dan cenderung tertutup. Hal ini akan dapat merubahnya dengan cepat. Dengan melakukan segala aktifitas kesenian ini, anak akan dapat terlihat kemampuannya dalam menjalani aktifitas kesenian tersebut tanpa harus ada bantuan dari orang lain.

  1. Menstimulasi otak

Setiap kegiatan kesenian dapat berdampak positif pada perkembangan otak anak. Seluruh kegiatan kesenian tersebut dapat menstimulasi otak kanan dan otak kiri secara bersamaan dan pastinya akan terus berkembang dalam menangkap informasi yang masuk. Oleh karena itu, syaraf-syaraf yang menjadi jembatan antara otak kanan dan otak kiri akan berkembang secara maksimal dan akan berdampak positif untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

  1. Meningkatkan pengambilan keputusan dengan bijak

Aktifitas seni dapat digunakan untuk menstimulasi otak dalam mengambil sebuah keputusan dari beberapa opsi yang diterima. Semakin lancar dalam berfikir dan berkreasi, maka akan semakin mudah pula dalam mengambil sebuah keputusan dengan bijak. Sebagai contoh, ketika seorang anak suka menggambar, maka anak tersebut akan memilih menggunakan pensil warna atau menggunakan krayon. Selain itu, sang anak akan dilatih untuk memilih warna yang mereka inginkan.

  1. Mengajarkan dalam mempertahankan pendapat

Kebiasaan orang yang bergerak di  bidang seni adalah memiliki pandangan yang luas dan selalu memiliki visi misi yang selalu dipertimbangkan dengan bijak sehingga apa yang menjadi visi misinya akan dipertahankannya.

  1. Mengajarkan berpikir terbuka

Sebagai makhluk sosial, manusia dituntut untuk berpikir global dan sosial. Selain itu, mereka sudah terbiasa dengan hasil dari produk seni tersebut memiliki banyak arti. Dan pastinya hasil dari karya seni tersebut siap untuk menerima kritik, saran, dan ide yang akan dapat memajukan suatu karya seni.

  1. Belajar bersikap kritis

Seni itu tidak pasti. Walaupun seorang pekerja seni itu tetap mengenal satu ditambah satu sama dengan dua, tetapi hasil dari sebuah seni adalah sesuatu yang pasti. Dari sinilah pertanyaan-pertanyaan muncul dengan banyak untuk mengomentari hasil dari seni tersebut. Selain itu, seorang pekerja seni selalu dituntut untuk berfikir kreatif dan menciptakan suatu karya yang unik, terbaru, inspiratif, dan memiliki banyak arti.

  1. Sarana mengekspresikan diri

Terkadang seseorang masih suka memendam amarahnya. Padahal hal ini akan membuat seseorang frustasi atau bahkan stress. Dengan menuangkan aktifitasnya dalam seni, segala apresiasi, ekspresi perasaan, dan lain sebagainya akan dapat diungkapkan dalam suatu media. Dengan mengekspresikan tersebut dalam suatu produk seni, maka secara tidak langsung fikiran stress dan frustasi akan mereda.

  1. Imajinasi berkembang pesat

Dalam hal menggambar, seseorang dituntut untuk berimajinasi apa saja yang akan digambarnya. Anak-anak yang diajarkan menggambar sejak dini, akan dengan mudah mengembangkan imajinasinya.

  1. Kepekaan terhadap alam akan lebih baik

Seni tidak akan luput dengan alam. Aktifitas dengan alam seperti menggambar suasana alam akan membuatnya peduli dengan alam dan lingkungan. Kepekaan tersebut akan terus berkembang seiring dengan aktifitas di alam yang dilakukannya.

  1. Mengembangkan kreatifitas pada anak

Pada jaman sekarang hal-hal yang berbau kreatif dan inovatif sangat dicari. Sejatinya dengan menjalani aktifitas seni akan meningkatkan kreatifitas seiring dengan perkembangan otak.

  1. Selalu bahagia

Kegiatan seni bagi anak merupakan sebuah ajang untuk bermain dan beraktifitas. Anak-anak dapat mengekspresikan segala hal dalam sebuah karya seni. Apapun itu karya seninya. Biasanya anak kecil lebih menyukai menggambar. Dengan menggambar, pastilah dirinya akan merasakan bahagia, apalagi ketika mendapat pujian.

Demikianlah pentingnya kesenian untuk perkembangan anak. Sejak dini ajarkanlah segala aktifitas seni, ya minimal menggambar. Dengan demikian, otak anak akan mudah berkembang dan berpikir kreatif dan inovatif dengan baik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda dan lingkungan Anda. – Toko obat herbal

Check Also

11 Cara Membangun Keluarga Bahagia

11 Cara Membangun Keluarga Bahagia

11 Cara Membangun Keluarga Bahagia —¬†Setiap pasangan suami istri pasti sejak awal membangun pernikahan mengidam-idamkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *