Saturday , September 23 2017
Home / Keluarga / Mendidik Jiwa Enterpreneur Anak Sejak Dini

Mendidik Jiwa Enterpreneur Anak Sejak Dini

Mendidik Jiwa Enterpreneur Anak Sejak Dini — Setiap orang tua pasti menginginkan semua anak-anaknya menjadi orang yang sukses baik di dunia maupun di akhirat. Ya khan? Tidak ada orang tua yang melakukan sebaliknya, yaitu mendoakan anak-anaknya menjadi orang yang gagal. Menjadi seorang pengusaha atau enterpreneur memanglah tidak mudah dan tidak sesulit yang dibayangkan. Asalkan mau bergerak untuk berusaha dan berdoa, semua itu tidak akan menjadi mustahil. Nah mungkin kita sebagai orang tua ada yang menginginkan anaknya sebagai enterpreneur, hanya saja kita bingung bagaimana cara mendidik jiwa enterpreneur anak sejak dini. Dalam artikel ini, akan kita bahas mengenai itu semua sehingga kelak anak kita menjadi apa yang kita cita-citakan yaitu menjadi seorang yang berjiwa enterpreneur.

Mendidik Jiwa Enterpreneur Anak Sejak Dini
Mendidik Jiwa Enterpreneur Anak Sejak Dini

Mendidik Jiwa Enterpreneur Anak Sejak Dini

  • Bimbing untuk memiliki target

Mulai sejak dini alangkah baiknya anak-anak kita ajarkan untuk menentukan target. Target yang telah dibuat kemudian dibuat bagaimana cara untuk mencapai target tersebut sehingga kelak target tersebut dapat tercapai. Sebagai contoh, ajaklah anak kita bermain untuk mengutarakan beberapa keinginan yang ingin dicapainya atau dimilikinya. Setelah itu, ajaklah anak kita untuk berfikir untuk melihat keinginan mana saja yang dapat bermanfaat baik buat kehidupannya. Kemudian jadikan keinginan tersebut menjadi fokus yang harus tercapai. Nah, sebagai orang tua kita harus memberikan cara-cara yang mudah untuk mencapai apa yang menjadi fokus keinginan anak kita supaya mereka dapat mengetahui dan melakukan step by step langkah yang harus dilakukan. Jangan lupa untuk selalu memberikan motivasi dan pujian ketika anak kita berhasil menyelesaikan tiap tahapannya.

  • Buat komunikasi yang efektif

Jaman sekarang, anak-anak sangat takut dan kurang kuat mentalnya ketika harus berkomunikasi sambil bertatap muka. Hal ini dikarenakan jaman yang sudah modern membuat anak kita hanya asyik dengan sms atau chatting atau sosial media yang notabene berkomunikasi tanpa perlu melihat lawan komunikasinya. Hal ini merupakan salah satu dampak negatif dari kemajuan jaman yang semakin modern ini. Walaupun demikian, tidak semua orang seperti itu. Tetap saja ada orang atau anak kita yang masih berani untuk berkomunikasi sambil bertatap muka. Nah, bagi yang sudah mengalami kesusahan dalam berkomunikasi, coba mulai ajaklah anak kita untuk bermain mainan yang berhubungan dengan jual beli. Ajarkan bagaimana caranya menghadapi pembeli dengan baik, dan seliknya bagaimana menghadapi penjual dengan baik. Dengan cara ini diharapkan anak akan menjadi terlatih untuk berkomunikasi dengan orang lain secara tatap muka.

  • Tingkatkan jiwa tolong menolong pada sesama

Apapun usahanya atau apapun yang kita lakukan pastilah berhubungan dengan orang lain. Oleh karena itu, ajarlah anak kita untuk dapat bermanfaat untuk orang lain. Seperti contoh ajaklah anak kita untuk mudah bersedekah baik di masjid maupun di tempat-tempat lainnya. Hal ini akan mendidik anak kita untuk memiliki jiwa dermawan dan tidak serakah atas apa yang kita miliki. Selain itu, dengan memberi kepada orang lain dapat mendidik anak kita untuk mudah bersyukur atas apa yang telah diberikan Allah kepada kita sehingga anak kita menjadi pribadi yang mudah beryukur.

  • Kembangkan kemandirian anak kita

Menjadi pribadi yang mandiri akan membuat anak kita tidak mudah tergantung pada orang lain. Dan pastinya orang tua menginginkan anaknya untuk selalu tidak bergantung pada orang lain dan menyusahkan orang lain. Hal ini simpel tetapi agak susah untuk diterapkan kepada anak kita. Nah bagaimana caranya? Caranya seperti ketika anak kita memiliki keinginan untuk membeli sesuatu, ajaklah mereka berfikir untuk menentukan bagaimana cara mendapatkan uang yang akhirnya dapat dibelikan barang yang diinginkannya. Hal ini akan menjadikan anak kita memiliki jiwa kritis dan kreatif untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkannya.

  • Libatkan dalam setiap proses

Mulailah untuk melibatkan anak kita pada setiap perkerjaan rumah yang kita lakukan. Hal ini akan membuat anak kita merekambahwa untuk mencapai sesuatu harus ada prosesnya. Selain itu, akan mendidik anak kita untuk tidak memiliki sifat manja yang apa-apa selalu dan harus ada didepannya. Setiap keinginan yang diinginkan ajaklah dia dalam setiap proses pencapaiannya. Sehingga anak kita menjadi paham akan semua prosesnya. Hal ini seperti yang diutarakan oleh Benjamin Franklin yang menyatakan bahwa ketika seseorang diberitahu, maka orang tersebut akan melupakannya. Jika orang tersebut diajari, maka dia akan mengingatnya.

  • Berikanlah contoh sukses seorang enterpreneur

Walaupun anak kita masih kecil, tidak menutup kemungkinan untuk mengetahui informasi mengenai orang sukses dibidangnya. Hal ini akan menjadi inspirasi anak kita dalam menempuh jalan kesuksesannya. Pada awalnya mungkin kita masih menginformasikan contoh orang-orang sukses dalam berbagai bidang. Seiring berjalannya waktu, pastilah anak kita melihat ketertarikan pada suatu bidang. Nah, dari situ mulailah untuk memfokuskan pada bidang tersebut.

  • Mengajarkan jiwa kepemimpinan

Mendidik jiwa enterpreneur anak sejak dini berikutnya adalah mengajarkan jiwa kepemimpinan. Setiap orang harus memiliki jiwa kepemimpinan masing-masing. Menjadi seorang enterpreneur, membuat anak harus berpikir out of the box. Dimana anak kita diajarkan untuk berpikir kritis dan kreatif untuk menyelesaikan suatu kasus atau masalah yang sedang dihadapinya. Cara mengajarkan anak untuk memiliki jiwa kepemimpinan adalah dengan mengajak anak kita untuk berbicara dihadapan keluarga ketika acara santai seperti membicarakan kegiatan sehari-harinya dan lain-lain.

  • Ajaklah anak kita mencoba untuk menjadi seorang enterpreneur

Segala sesuatu pasti butuh proses, termasuk untuk menjadi seorang enterpreneur yang sukses juga harus melewati proses-proses yang mungkin tidak mudah. Biarkan dia untuk melakukan proses-prosesnya dan melewati segala kesalahan-kesalahan dalam berproses. Ketika dia sudah menemukan kesalahan dan hal tersebut akan dihindari dikemudian hari. Hal tersebut membuat anak kita akan terlatih untuk mengetahui jalan mana yang mudah buat dirinya untuk menggapai kesuksesan menjadi seorang enterpreneur.

  • Ajari mengelola keuangan

Setiap proses bisnis tidak jauh-jauh dengan yang namanya uang. Walaupun tidak semua proses melulu membutuhkan uang. Akan tetapi mulailah untuk mengajari anak kita mengelola keuangan. Baik keuangan pribadinya maupun keuangan bisnis yang sedang dirintisnya.

  • Ajari untuk meningkatkan produktivitas

Menjadi seorang enterpreneur, pasti menginginkan penghasilan yang tidak terhingga. Yang perlu diingat dan kita ajarkan kepada anak kita adalah bahwa kebahagiaan seseorang tidak dapat dinilai atau diukur dengan uang atau nominal. Sejatinya seorang enterpreneur yang perlu digaris bawahi adalah menjadi pribadi yang bahagia dengan kebebasan dan kemerdekaan. Sehingga akan lebih berguna bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

Demikianlah 10 cara mendidik jiwa enterpreneur anak sejak dini yang dapat diutarakan dan semoga dapat diaplikasikan dalam keluarga sehingga anak kita dapat menjadi sesuai dengan keinginan kita yaitu menjadi seorang enterpreneur.  Semoga pula artikel ini dapat membantu para orang tua yang sedang bingung dalam mencari cara mendidik jiwa enterpreneur anak sejak dini. – Toko Obat Herbal

Komentar Lewat Facebook
Mendidik Jiwa Enterpreneur Anak Sejak Dini -- Setiap orang tua pasti menginginkan semua anak-anaknya menjadi orang yang sukses baik di dunia maupun di akhirat. Ya khan? Tidak ada orang tua yang melakukan sebaliknya, yaitu mendoakan anak-anaknya menjadi orang yang gagal. Menjadi seorang pengusaha atau enterpreneur memanglah tidak mudah dan tidak sesulit yang dibayangkan. Asalkan mau bergerak untuk berusaha dan berdoa, semua itu tidak akan menjadi mustahil. Nah mungkin kita sebagai orang tua ada yang menginginkan anaknya sebagai enterpreneur, hanya saja kita bingung bagaimana cara mendidik jiwa enterpreneur anak sejak dini. Dalam artikel ini, akan kita bahas mengenai itu semua sehingga kelak…

0%

User Rating: 5 ( 1 votes)

About admin

Jadikanlah dirimu manfaat bagi orang lain

Check Also

11 Cara Membangun Keluarga Bahagia

11 Cara Membangun Keluarga Bahagia

11 Cara Membangun Keluarga Bahagia — Setiap pasangan suami istri pasti sejak awal membangun pernikahan mengidam-idamkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *