Saturday , September 23 2017
Home / Keluarga / Cara Menyelesaikan Masalah dengan Pasangan

Cara Menyelesaikan Masalah dengan Pasangan

Cara Menyelesaikan Masalah dengan Pasangan yang Benar — Setiap hubungan yang telah terjalin dengan ikatan cinta, tidak jarang mengalami yang namanya perbedaan pendapat dan lain hal yang menyebabkan konflik. Hal tersebut merupakan sesuatu yang biasa dihadapi saat berumah tangga. Karena dalam menapaki hubungan pasti akan ada kerikil-kerikil kecil yang merupakan bumbu dalam sebuah kehidupan. Nah, ketika hal tersebut (masalah) muncul dalam suatu hubungan alangkah baiknya diselesaikan hanya dengan pasangan Anda. Jangan sampai ada pihak ketiga datang ikut campur masalah keluarga. Kecuali pihak ketiga tersebut merupakan orang terdekat Anda dan pasangan dan kehadirannya memang diperuntukkan untuk menjadi penengah untuk menengahi masalah berdua. Jangan sampai pihak ketiga yang dihadirkan malah membuat keruh suasana masalah atau konflik tersebut. Oleh karena itu, dalam artikel ini membahas mengenai cara menyelesaikan masalah dengan pasangan yang benar dan mudah diaplikasikan oleh setiap keluarga baik yang sudah menjalin hubungan yang lama maupun yang baru seumur jagung.

Setiap orang pasti menginginkan sebuah hubungan dapat berjalan dengan baik dan lancar hingga nanti dipertemukan kembali di akhirat. Ini merupakan mimpi dan keinginan setiap hubungan suami istri yang dilandasi oleh cinta kepada Allah. Dengan cinta kepada Allah, sebuah hubungan akan mudah dijalani dan tanpa adanya suatu masalah yang besar. Kenapa kok bisa? Karena mereka sadar bahwa dalam menjalani sebuah hubungan rumah tangga pasti ada saja yang namanya masalah, konflik, dan lain sebagainya. Semua itu bisa diselesaikan secara bersama dan pastinya segala masalah yang timbul merupakan ujian kehidupan yang Allah berikan kepada umatNya supaya umatNya dapat naik derajatnya serta semakin bertakwa kepada Allah. Setiap masalah yang timbul pasti akan diiringi dengan kemudahan-kemudahan di kemudian hari. Seperti kata RA Kartini bahwa “habis gelap terbitlah terang”. Filosofi kalimat tersebut menggambarkan bahwa dalam setiap kesulitan yang dihadapi, pasti akan ada jalan keluar apapun bentuknya. Selama kita bersabar dan bertawakal kepadaNya, niscaya segala kemudahan akan mudah diraih. Nah,  berikut ini akan kita bahas mengenai cara menyelesaikan masalah dengan pasangan yang benar.

cara menyelesaikan masalah dengan pasangan yang efektif
cara menyelesaikan masalah dengan pasangan yang efektif

Cara menyelesaikan masalah dengan pasangan yang benar

  • Jauhi sejenak pasangan Anda

INGAT!!! Hanya sebentar ya menjauhinya. Cara menyelesaikan masalah dengan pasangan Anda yang satu ini memang perlu diperhatikan dan hati-hati. Kenapa? Karena terkadang ketika Anda menjauhi pasangan Anda, ada pihak ketiga masuk dalam kehidupan Anda. Sehingga tidak disarankan untuk menjauhi pasangan Anda dalam waktu yang lama. Cara menyelesaikan masalah ini berguna untuk menengankan pikiran terlebih dahulu agar ketika bertemu dapat menyelesaikan masalah dengan kepala dingin. Ketika konflik atau masalah datang, pastinya dari kedua belah pihak jarang ada yang mau mengalah. Ketika hal tersebut terjadi, alangkah baiknya Anda untuk mundur perlahan sehingga memberikan waktu untuk menenangkan diri. Pada intinya, semua kita kembalikan bahwa pada awal menjalin hubungan pernikahan memiliki tujuan yang sama di hadapan penghulu dan saksi serta keluarga besar dimana tujuan tersebut ingin membentuk keluarga yang sakinah mawaddah warohmah. Oleh karena itu, ketika Anda dan pasangan mengingat tujuan pernikahan tersebut pastinya akan menurunkan ego masing-masing sehingga dapat menyelesaikan masalah dengan bersama tanpa ada masalah-masalah lain yang timbul setelahnya.

  • Buat suasana nyaman

Suasana yang nyaman akan membuat sebuah masalah akan mudah diselesaikan. Coba bayangkan ketika ingin menyelesaikan sebuah masalah ditempat keramaian. Apakah masalah tersebut mudah selesai? Sudah dipastikan tidak akan selesai bahkan akan menimbulkan masalah-masalah berikutnya. Alangkah bijaknya jika Anda memulai untuk membuat atau mencari suasana nyaman dalam menyelesaikan masalah. Karena inisiatif tersebut akan membuat pasangan Anda akan sedikit menurunkan egonya. Kalau boleh saran, inisiatiflah membuat dan mencari suasana nyaman sesuai dengan apa yang diinginkan dan biasa dialami oleh pasangan Anda. Karena tidak jarang hal ini merupakan cara menyelesaikan masalah dengan pasangan yang efektif.

  • Maafkan pasangan Anda dengan tulus ikhlas

Cara menyelesaikan masalah dengan pasangan yang efektif adalah dengan saling memaafkan pasangan dengan tulus ikhlas. Kenapa? Karena jika tidak ikhlas, biasanya segala kesalahan sebelum-sebelumnya akan diungkit-ungkit lagi. Hal ini yang malah jadi memperkeruh suasana. Oleh karena itu, memang sejatinya memaafkan siapapun itu dengan ikhlas dan benar-benar berniat untuk tidak mengungkit hal tersebut supaya kehidupan kedepan akan lebih baik lagi. Nah, alangkah baiknya Anda kembali untuk berinisiatif dalam memaafkan kesalahan pasangan Anda. Kenapa? Hal ini jika tidak ada yang mengalah pastinya masalah akan terus berlanjut. Mengalah bukan berarti kalah khan? Maka dari itu, siapa cepat yang memaafkan, insyaAllah akan mendapatkan sesuatu yang lebih indah dikemudian hari.

  • Membicarakan masalah dengan kepala dingin

Ini merupakan cara menyelesaikan masalah dengan pasangan yang mudah dikatakan tapi sulit untuk dipraktekkan. Karena biasanya setiap orang memiliki ego masing-masing. Yang mungkin tidak mau kalah dengan lawannya. Nah ini adalah contoh yang salah dimana selalu mengedepankan ego dan inginnya menang sendiri. Setiap masalah yang datang, usahakan untuk menyelesaikan dengan kepala dingin. Jangan sampai keras-kerasan bahkan sampai menggunakan cara fisik dalam menyelesaikan masalahnya. Hal tersebut tidak akan menyelesaikan masalah, melainkan akan menambah masalah baru yang mungkin saja akan berujung pada perceraian. Pasti tidak ingin khan Anda bercerai dengan pasangan Anda?

  • Ingat kembali tujuan membangun bahtera rumah tangga

Setiap keluarga pasti menginginkan menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warohmah. Inilah tujuan membangun bahtera rumah tangga yang hakiki. Sehingga hubungan rumah tangga perlu dijaga baik-baik sehingga tujuan keluarga tersebut dapat tercapai dengan sendirinya. Pastinya semua itu tidak akan lepas dengan campur tangan Allah. Dengan mengingat kembali tujuan awal ketika berada didepan penghulu dan diantara saksi dan keluarga bahwa setiap keluarga menginginkan terciptanya keluarga yang bahagia dan sejahtera. Hal tersebut tidak mudah memang dalam menciptakan tujuan tersebut. Pastilah butuh perjuangan yang baik dan benar. Jangan sampai tujuan yang telah dibangun berdua sejak awal pernikahan akan kandas begitu saja ditengah perjalanan. Hal itu merupakan sesuatu yang sia-sia. Sehingga disarankan untuk selalu introspeksi diri dalam menyelesaikan suatu masalah sehingga tujuan membangun bahtera rumah tangga akan tercapai.

  • Mengenang masa lalu yang indah

Mengenang masa lalu merupakan salah satu cara menyelesaikan masalah dengan pasangan yang efektif. Nah, yang perlu diingat adalah masa lalu yang perlu dikenang adalah yang indah dan lucu saja. Yang buruk-buruk segera tinggalkan karena akan menjadi racun dalam hubungan. Mengenang masa lalu dapat membuat Anda dengan pasangan menjadi lebih mesra betapa indahnya hubungan Anda di masa lalu. Sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan aura percintaan diantara Anda berdua.

  • Mengalah tidak selalu kalah

Sudah dibahas sedikit diatas bahwa mengalah tidak selamanya orang yang kalah dan salah. Mengalah untuk kebaikan keluarga merupakan salah satu cara menyelesaikan masalah dengan pasangan yang baik. Dalam membangun keluarga memang sudah saatnya untuk tidak mementingkan ego masing-masing. Sudah saatnya untuk saling mengerti positif dan negatif Anda dengan pasangan. Sehingga dengan saling mengerti akan tercipta keluarga yang bahagia tentunya.

Demikianlah beberapa cara menyelesaikan masalah dengan pasangan yang benar. Walaupun demikian, masih banyak cara lain yang lebih efektif dan efisien yang dimiliki setiap keluarga dalam menyelesaikan masalahnya sendiri. Cara menyelesaikan masalah dengan pasangan yang ditemukan sendiri dengan pasangan akan lebih mudah dalam menyelesaikan sebuah masalah dan menghentikan suatu konflik yang terjadi dalam rumah tangga. Tidak menutup kemungkinan Anda berkenan bercerita dan berbagi cara menyelesaikan masalah dengan pasangan disini supaya para pembaca yang lain dapat menemukan cara terbaiknya yang dapat diterapkan dalam keluarga mereka.

Toko Obat Herbal

Komentar Lewat Facebook
Cara Menyelesaikan Masalah dengan Pasangan yang Benar -- Setiap hubungan yang telah terjalin dengan ikatan cinta, tidak jarang mengalami yang namanya perbedaan pendapat dan lain hal yang menyebabkan konflik. Hal tersebut merupakan sesuatu yang biasa dihadapi saat berumah tangga. Karena dalam menapaki hubungan pasti akan ada kerikil-kerikil kecil yang merupakan bumbu dalam sebuah kehidupan. Nah, ketika hal tersebut (masalah) muncul dalam suatu hubungan alangkah baiknya diselesaikan hanya dengan pasangan Anda. Jangan sampai ada pihak ketiga datang ikut campur masalah keluarga. Kecuali pihak ketiga tersebut merupakan orang terdekat Anda dan pasangan dan kehadirannya memang diperuntukkan untuk menjadi penengah untuk menengahi masalah berdua.…

0%

User Rating: 4.65 ( 1 votes)

About admin

Jadikanlah dirimu manfaat bagi orang lain

Check Also

Mendidik Jiwa Enterpreneur Anak Sejak Dini

Mendidik Jiwa Enterpreneur Anak Sejak Dini

Mendidik Jiwa Enterpreneur Anak Sejak Dini — Setiap orang tua pasti menginginkan semua anak-anaknya menjadi orang …