Saturday , September 23 2017
Home / Gaya Hidup / 11 Cara Membangun Keluarga Bahagia

11 Cara Membangun Keluarga Bahagia

11 Cara Membangun Keluarga Bahagia — Setiap pasangan suami istri pasti sejak awal membangun pernikahan mengidam-idamkan keluarganya menjadi keluarga bahagia. Tidak ada satupun pasangan yang ingin membangun bahtera rumah tangganya hanya untuk dihancurkan. Walaupun demikian, tidak sepenuhnya dalam menjalani bahtera kehidupan rumah tangga akan selalu bahagia dan senang. Akan tetapi, tetap saja akan ada masalah-masalah kecil yang akan menguji kesetiaan kita dalam membangun rumah tangga. Tetapi tenang saja, setiap keluarga baik yang baru saja menikah ataupun sudah lama menikah akan mengalami hal seperti itu sehingga disini kita dituntut untuk bersama pasangan kita menjaga keutuhan rumah tangga yang telah dibangun sejak awal pernikahan. Oleh karena itu, disini kami akan membagikan cara membangun keluarga bahagia. Cara-cara dibawah ini tidak hanya untuk keluarga yang sudah lama membangun bahteranya, akan tetapi keluarga mudapun harus mengerti cara membangun keluarga bahagia agar dapat mengarungi pahit manisnya dalam keluarga.

11 Cara Membangun Keluarga Bahagia
11 Cara Membangun Keluarga Bahagia

Cara membangun keluarga bahagia

  • Saling percaya

Cara membangun keluarga bahagia yang pertama adalah saling percaya. Dalam berumah tangga, hal yang biasa akan menjadi polemik atau sumber konflik adalah ketidakpercayaan pada pasangan. Tidak sedikit kasus perceraian yang dimulai karena faktor ketidakpercayaan pada pasangannya. Tanpa kepercayaan satu dengan lainnya, rumah tangga pasti akan mudah runtuh. Walaupun demikian, tidak ada satupun keluarga yang ingin seperti itu bukan? Oleh karena itu, bagi yang selalu menyangsikan pasangannya mulailah untuk mempercayai pasangannya dan yang diberi kepercayaan juga harus bias menjaga kepercayaan tersebut. Sehingga dapat terjalin sinergi antar pasangan dengan baik tanpa ada percekcokan karena hal ketidakpercayaan. Baca juga : Cara Menjaga Kepercayaan Pasangan Anda

  • Komunikasikan dengan pasangan

Cara membangun keluarga bahagia yang kedua adalah komunikasikan dengan pasangan. Sudah jelas, yang namanya hidup butuh komunikasi. Apalagi dengan pasangannya, intensitas komunikasi harus lebih baik. Tak jarang jika terjadi percekcokan dalam rumah tangga, salah satu atau kedua belah pihak keluar dari rumah dengan membawa kesalahpahaman yang terjadi dalam keluarga. Padahal kesalahpahaman tersebut sejatinya jika dibicarakan dengan baik dan dengan kepala dingin akan membuat masalah tersebut tidak akan berlarut-larut. Oleh karena itu, jagalah komunikasi dengan pasangan kita. Apalagi jaman sekarang yang semakin canggih, segala alat komunikasi sudah kita miliki. Manfaatkanlah media tersebut untuk menjaga komunikasi kita dengan pasangan kita. Sehingga jika terjadi masalah kesalahpahaman akan mudah terselesaikan dengan hati yang tenang dan kepala yang dingin.

  • Hadapi masalah dengan cepat dan tuntas

Cara membangun keluarga bahagia yang ketiga adalah hadapi masalah dengan cepat dan tuntas. Kembali lagi, setiap keluarga pasti pernah mengalami masalah. Tidak ada yang tidak pernah dilingkupi masalah. Jika masalah timbul, alangkah baiknya untuk segera dituntaskan dengan cepat. Karena jika ditunda-tunda, dimungkinkan akan menjadi masalah yang lebih besar lagi. Dan pastinya tidak ada keluarga yang ingin keluarganya selalu dinaungi dengan masalah. Jangan lupa, ajak pasangan kita dalam menangani masalah tersebut agar tercipta kerukunan dan kemesraan dalam kehidupan berumah tangga.

  • Menjadi diri yang selalu menyemangati pasangan

Cara membangun keluarga bahagia yang keempat adalah menjadi diri yang selalu menyemangati pasangan. Tak jarang dari kita berada pada kondisi yang tidak menyenangkan. Atau biasa dibilang drop atau down. Banyak hal yang membuat kita atau pasangan kita mengalami hal tersebut, seperti contoh dikeluarkan dari pekerjaan, terlilit hutang yang besar, ditipu oleh rekan bisnis, dan masih banyak lagi. Jika pasangan kita mengalami hal tersebut, kita harus menjadi orang pertama yang membangkitkan motivasi untuk bangkit dan menjauh dari keterpurukan. Ini merupakan salah satu cara membangun keluarga bahagia yang efektif dan menimbulkan dampak semakin mesra dalam hubungan.

  • Terima pasangan apa adanya

Cara membangun keluarga bahagia yang kelima adalah terima pasangan apa adanya. Setiap orang pasti memiliki kelebihan maupun kekurangan. Karena dengan kita menikahi pasangan kita, kita sudah menerima dengan ikhlas segala apa yang dimiliki pada dirinya termasuk kekurangannya. Memang, merubah pasangan untuk mengurangi kekurangannya itu bagus, asalkan dalam merubahnya harus dengan hati-hati dan dengan lembut. Karena jika kita merubah dengan frontal kekurangan pasangan kita, bisa jadi akan terjadi percekcokan atau pertengkaran hebat dalam rumah tangga. Dan tidak sedikit yang mengakhiri percekcokan tersebut dengan perceraian. Pasti kita semua tidak mau bukan? Makanya, kita harus mau menerima segala kekurangan yang ada pada pasangan kita.

  • Menjalankan hak dan kewajiban sebagai suami atau istri dengan sebaiknya

Cara membangun keluarga bahagia yang keenam adalah menjalankan hak dan kewajiban sebagai suami atau istri dengan sebaiknya. Sebelum berkeluarga, seorang suami atau istri pasti sudah mengetahui apa saja yang menjadi kewajiban dan apa saja yang menjadi hak bagi tiap-tiapnya. Nah jika dari kewajiban dan hak mereka telah dilakukan dengan baik, pasti keluarga yang dibina akan tetap bahagia tanpa adanya bercekcokan yang berarti. Sebelumnya kita telah membahas kewajiban suami terhadap istri yang harus dipenuhi.

  • Memilih calon suami atau istri yang tepat

Cara membangun keluarga bahagia yang ketujuh adalah memilih calon suami atau istri yang tepat. Dalam Islam,cara membangun keluarga bahagia salah satunya adalah dengan memilih pasangan hidup yang tepat. Tepat disini adalah pasangan yang kita pilih adalah dari segi agama yang baik. Dengan seorang suami atau istri yang memiliki agama yang baik, pastilah akan mengikuti apa yang menjadi aturan agamanya dengan baik. Sudah pasti menjadi pribadi yang sholeh atau sholehah dan pastinya akan membawa keluarganya sesuai dengan ajaran Islam dengan benar sehingga akan tercipta keluarga yang sakinah mawaddah warohmah sesuai dengan impian kita bersama.

  • Menjaga keintiman diatas ranjang dengan pasangan

Cara membangun keluarga bahagia yang kedelapan adalah menjaga keintiman diatas ranjang dengan pasangan. Semakin tua, seseorang pasti akan kehilangan suatu gairah seksual. Selain itu, bisa jadi tingkat kebosanan dalam berhubungan badan dengan pasangannya akan meningkat jika apa yang dilakukan monoton alias itu-itu saja. Jadikanlah hubungan diatas ranjang itu sebagai salah satu cara membangun keluarga bahagia yang terbaik. Maksudnya? Ya, hubungan suami istri merupakan suatu cara terbaik dan tercepat untuk meningkatkan keintiman dalam berumah tangga. Tidak jarang, pasangan yang sedang cekcok alias marahan akan mereda ketika sudah berhubungan badan dengan pasangannya. Bisa jadi pasangan kita membutuhkan suntikan gairah dalam berhubungan intim dengan cara-cara yang tidak biasanya selama masih dalam koridor yang benar. Sebelumnya kita telah membahas bahasan khusus wanita untuk membahagiakan suaminya yaitu cara membuat suami takluk diatas ranjang dan bacaan khusus pria untuk membahagiakan istrinya yaitu posisi sex yang bikin wanita ketagihan.

  • Mensyukuri apa yang didapat

Cara membangun keluarga bahagia yang kesembilan adalah mensyukuri apa yang didapat. Dalam hidup, kita dituntut untuk bersyukur atas apa yang telah kita miliki. Apapun itu, termasuk mensyukuri pasangan kita. Sisi positif dan negatif atau kelebihan maupun kekurangan pasangan kita harus kita syukuri, karena itu adalah pilihan hidup kita. Diluaran sana, masih banyak yang belum berkeluarga dan masih mencari tambatan hatinya. Tidak jarang mereka berbuat yang tidak sesuai tuntunan agama dalam melampiaskan nafsu yang ada pada dirinya. Oleh karena itu, bersyukurlah kita yang telah dikaruniai pasangan yang sekarang ini ada di sisi kita karena ketika kita mensyukuri apa yang kita miliki saat ini, pastilah Allah akan memberikan sesuatu yang lebih dikemudian hari tanpa kita memintanya.

  • Jadilah pendengar yang baik

Cara membangun keluarga bahagia yang kesepuluh adalah jadilah pendengar yang baik. Hidup itu kadang suka kadang duka. Terkadang juga pasangan kita memiliki uneg-uneg masalah dalam kehidupannya. Dan untuk mengurangi bebannya, ia ingin menceritakan kepada kita. Nah disinilah kita dituntut sebagai pendengar yang baik. Jangan sekali-sekali menjawab dan men-judge apapun itu hingga pasangan kita selesai bercerita. Biasanya setelah bercerita, ia ingin mendengarkan pendapat kita. Alangkah baiknya berikan pendapat terbaik yang menjadi solusi buat hidupnya agar dia merasa tenang dan terpecahkan segala masalahnya.

  • Senyum

Cara membangun keluarga bahagia yang kesebelas adalah senyum. Senyum merupakan salah satu bentuk ibadah kepada orang lain. Dengan senyum, kita bisa membahagiakan orang lain khususnya pasangan kita. Nah, buatlah diri kita untuk selalu tersenyum agar pasangan kita pun selalu bahagia berada di sebelah kita mengarungi bahtera rumah tangga.

Demikianlah 11 cara membangun keluarga bahagia yang dapat diaplikasikan bagi keluarga muda maupun keluarga yang sudah lama mengarungi bahtera rumah tangga. Tidak ada salahnya untuk dicoba dan diaplikasikan. Karena dalam berumah tangga butuh ketekunan dan harus mengerti satu sama lainnya. Tidak boleh egois, cuek, dan lain sebagainya. – Toko obat herbal

Komentar Lewat Facebook
11 Cara Membangun Keluarga Bahagia -- Setiap pasangan suami istri pasti sejak awal membangun pernikahan mengidam-idamkan keluarganya menjadi keluarga bahagia. Tidak ada satupun pasangan yang ingin membangun bahtera rumah tangganya hanya untuk dihancurkan. Walaupun demikian, tidak sepenuhnya dalam menjalani bahtera kehidupan rumah tangga akan selalu bahagia dan senang. Akan tetapi, tetap saja akan ada masalah-masalah kecil yang akan menguji kesetiaan kita dalam membangun rumah tangga. Tetapi tenang saja, setiap keluarga baik yang baru saja menikah ataupun sudah lama menikah akan mengalami hal seperti itu sehingga disini kita dituntut untuk bersama pasangan kita menjaga keutuhan rumah tangga yang telah dibangun sejak awal…

0%

User Rating: 5 ( 2 votes)

About admin

Jadikanlah dirimu manfaat bagi orang lain

Check Also

bahaya konsumsi gorengan

Bahaya Konsumsi Gorengan yang Perlu Anda Tahu

Bahaya Konsumsi Gorengan yang Perlu Anda Tahu Gorengan adalah salah satu jenis makanan yang mudah untuk …