Saturday , September 23 2017
Home / Jenis Penyakit / Waspadai Jenis Penyakit Mematikan di Dunia

Waspadai Jenis Penyakit Mematikan di Dunia

Waspadai Jenis Penyakit Mematikan di Dunia

jenis penyakit mematikan di dunia
jenis penyakit mematikan di dunia

Di dunia ini banyak sekali jenis penyakit baik yang menular maupun tidak menular, baik yang ringan maupun yang berat. Kita sendiri pun PASTI tidak hapal semua jenis penyakit yang ada di dunia ini. Yang kita hapal biasanya adalah jenis penyakit yang familiar di lingkungan sekitar saja. Apapun penyakitnya kita harus mewaspadai jenis penyakit mematikan di dunia ini, sehingga minimal kita bisa terhindar dari serangan jenis penyakit tersebut karena kewaspadaan kita sendiri. Namun demikian, yang namanya tubuh manusia terkadang memiliki pasang surut dimana ketika keadaan tubuh sedang surut maka penyakit-penyakit akan berdatangan secara sendirinya. Ya, minimal demam dan flu yang bisa dikatakan paling sering hinggap ditubuh manusia.

Nah, hingga saat ini masih ada beberapa jenis penyakit yang menjadi momok atau ketakutan bagi setiap orang. Hal ini biasanya karena belum ada obatnya atau cepat sekali membuat seseorang meninggal. Berikut ini akan dibahas mengenai jenis penyakit mematikan di dunia yang perlu kita waspadai. Mungkin para pembaca sekalian ada yang sudah tau beberapa jenis penyakit yang akan dibahas di bawah ini, namun demikian akan saya tetap paparkan saja. Ya, minimal untuk pengingat kembali bagi yang sudah tau dan sebagai informasi tambahan bagi yang belum mengetahuinya.

Jenis penyakit mematikan di dunia

  • Penyakit Cacar Air

Penyakit cacar air dalam dunia medis diberi nama varisela pada umumnya diderita oleh anak-anak dibawah 10 tahun. Walaupun demikian, penyakit ini juga dapat menyerang orang dewasa. Bagi yang sudah pernah terjangkit penyakit cacar air ini , biasanya tidak akan terserang penyakit ini lagi. Pertanyaannya sekarang, apakah kalian sudah pernah terjangkit penyakit cacar air? Penyakit ini dibawa oleh virus varicella zoster dimana biasanya kemunculannya di tandai oleh munculnya ruam-ruam pada seluruh tubuh. Ruam-ruam tersebut kemudian akan berubah menjadi bintik-bintik merah yang berisi cairan yang gatal dan kemudian akan mengering menjadi koreng. Biasanya kulit yang menjadi koreng tadi akan terkelupas selama 1 sampai 2 minggu. Beberapa bagian tubuh yang rentan ditumbuhi cacar adalah wajah, belakang telinga, kulit kepala, tangan, kaki, dada, dan perut.

  • Penyakit Flu Burung

Flu burung merupakan salah satu jenis penyakit influenza yang ditularkan melalui media burung kepada manusia. Biasanya virus ini akan tertidur terlebih dahulu selama 3 sampai 7 hari setelah itu baru akan menunjukkan gejala-gejalanya. Bagi seseorang yang telah terjangkit penyakit flu burung, akan terlihat gejala-gejala sebagai berikut : demam tinggi, kepala terasa sakit, batuk, pilek, nyeri otot, dan gangguan saluran pernafasan. Nah, sebelum gejala utama tersebut muncul, biasanya penderita akan mengalami diare, perdarahan pada gusi, nyeri di dada. Bagi penderita flu burung alangkah baiknya untuk segera dilakukan penanganan secara intensif. Kenapa? Jika penanganan terlambat bukan tidak mungkin, si penderita akan meninggal dengan tanda-tanda sebagai berikut : sindrom gagal nafas akut, gagal multi organ (beberapa organ dalam tubuh tidak berjalan normal/sudah tidak berfungsi), pneumonia.

  • Penyakit Hepatitis

Penyakit yang menyerang hati ini merupakan cikal bakal dari terjangkitnya seseorang dari penyakit kanker hati. Hepatitis sejatinya dapat merusak fungsi kerja hati dimana fungsi kerjanya adalah menetralkan racun dan sebagai sistem percerna makanan dalam tubuh yang mengurai sari makanan dan kemudian menyebarkannya ke seluruh tubuh. Penyakit ini tidak pandang bulu dalam menyerang manusia. Dari bayi hingga dewasa dapat terjangkit penyakit ini. Rata-rata bayi yang mengidap penyakit hepatitis ini berada pada kisaran 0 sampai 12 bulan. Untuk anak-anak, rata-rata diidap oleh anak berumur antara 2 sampai 15 tahun. Pada orang dewasa, rata-rata diidap oleh orang berumur antara 15 sampai 20 tahun. Dan untuk orang tua, biasanya diidap pada umur diatas 40 tahun. Terdapat beberapa virus yang menyebarkan penyakit ini, diantaranya adalah virus hepatitis A, virus hepatitis B, virus hepatitis C, virus hepatitis D, virus hepatitis E, dan virus hepatitis G. Biasanya seseorang yang mengidap penyakit ini terkontaminasi dari makanan atau tempat makanan yang tidak bersih serta hubungan seks yang tidak sehat dan normal. Hepatitis juga bisa terjangkit dari non-virus. Biasanya hal ini dikarenakan oleh bahan kimia seperti racun, kloroform, minuman beralkohol, dan jamur beracun. Bisa juga hepatitis terjangkit karena metabolisme tubuh yang tidak normal. Pola makan yang tidak sehat khususnya makan makanan berlemak akan menimbulkan penumpukan lemak pada hati. Hal ini juga bisa menjadi pemicu seseorang mengidap penyakit hepatitis.

  • Penyakit Kolera

Kolera merupakan salah satu jenis penyakit mematikan yang dibawa oleh bakteri. Penyebaran penyakit ini biasanya melalui air yang terkontaminasi. Penyakit ini biasanya akan menyebabkan dehidrasi dari diare yang parah. Penyakit kolera ini dapat berakibat fatal dalam hitungan beberapa jam saja jika tidak segera diatasi. Biasanya penyakit ini menyebar di daerah yang minim sanitasi yang memadai. Sebenarnya jika kalian sudah terjangkit penyakit kolera, obatnya cukup mudah. Cukup konsumsi oralit dalam dosis yang telah ditentukan. Penyakit ini sebenarnya cukup sulit untuk dibedakan dengan gejala awal diare yang menyebabkan dehidrasi. Namun demikian, ada sedikit ciri yang bisa kita lihat, yaitu dengan melihat wajah penderita. Apakah terlihat pucat atau tidak. Selain itu ada beberapa gejala yang dapat dideteksi sebagai tanda bahwa seseorang mengidap penyakit kolera, diataranya : mulut terasa kering, dehidrasi berlebihan, gangguan irama jantung, tekanan darah rendah, urine yang keluar hanya sedikit atau bahkan tidak ada, kulit kering dan berkerut.

  • Penyakit TBC (Tuberkulosis)

Penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit mematikan dan menular. Di negara kita Indonesia ini termasuk dalam lima besar negara dengan jumlah pengidap penyakit TBC terbanyak se-Asia Tenggara dengan jumlah pengidap mencapai 305.000 jiwa pada tahun 2012. Penyakit ini biasanya menyerang paru-paru dengan gejala batuk berdahak selama lebih dari 21 hari. Tidak jarang batuknya mengeluarkan darah. Selain batuk, gejala penyakit TBC adalah hilangnya nafsu makan pada penderita. Sehingga dapat mengakibatkan penurunan berat badan yang cukup signifikan yang disertai demam dan kecapekan. Biasanya bakteri TB yang masuk ke dalam tubuh manusia akan bersifat tidak aktif dalam beberapa hari. Kemudian perlahan-lahan gejalanya akan timbul. Biasanya hal tersebut disebut dengan tuberkulosis laten. Sedangkan TB yang langsung aktif biasa disebut dengan tuberkulosis aktif.

  • Penyakit HIV/AIDS

Di Indonesia, kasus HIV/AIDS ditemukan pertama kali pada tahun 1987 di pulau Bali. Virus HIV merupakan salah satu virus yang sangat lemah ketika berada di luar tubuh manusia. Bagi penderita AIDS, virus HIV ini dapat ditemukan di cairan dalam tubuh manusia, seperti air liur, sperma, darah, dan lain-lain. HIV yang merupakan kepanjangan dari Human Immunodeficiency Virus merupakan jenis virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia dan melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Hingga saat ini, penyakit ini belum bisa disembuhkan, akan tetapi terdapat pengobatan yang sifatnya memperlambat perkembangan penyakit ini. Pengobatannya juga akan membuat penderitanya akan hidup lebih lama sehingga penderita tersebut dapat hidup secara normal. Dengan diagnosa sejak dini dan penanganan yang efektif, para penderita HIV tidak akan menjadi AIDS. AIDS merupakan stadium akhir dari penderita HIV dimana kekebalan tubuh sepenuhnya sudah tidak dapat melawan infeksi dan penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

Demikianlah beberapa jenis penyakit mematikan di dunia agar kita ketahui dan kita perlu waspadai peredarannya di sekitar kita. Selalu jaga kesehatan dan konsumsi makanan yang bergizi agar selalu sehat alami setiap hari.

Sponsor : Toko Obat Herbal

Komentar Lewat Facebook

About admin

Jadikanlah dirimu manfaat bagi orang lain

Check Also

4 Macam Penyakit yang Membuat Orang Bodoh

4 Macam Penyakit yang Membuat Orang Bodoh

4 Macam Penyakit yang Membuat Orang Bodoh —┬áSetiap orang pasti menginginkan kondisi tubuh yang sehat …