Home / Jenis Penyakit / Penyakit yang Diakibatkan Ketika Banjir

Penyakit yang Diakibatkan Ketika Banjir

Penyakit yang Diakibatkan Ketika Banjir
Penyakit yang Diakibatkan Ketika Banjir

Penyakit yang Diakibatkan Ketika Banjir – Hujan merupakan situasi dimana terkadang hujan itu menjadi suatu harapan bahagia, terkadang juga menjadi suatu masalah. Semua terkait dengan debit air yang turun kemudian seperti apa dampaknya. Masalah akan menjadi besar ketika hujan tidak kunjung reda dan mengakibatkan banjir di segala daerah sekitar. banjir biasanya membawa penyakit yang dapat menjangkit manusia. Nah pertanyaannya sekarang, jika tempat tinggal Anda mengalami kebanjiran, apa yang Anda lakukan? Pastilah akan mengamankan keluarga ke tempat yang aman kemudian barang-barang berharga.

Genangan setinggi apapun, pastilah membawa penyakit. Beberapa penyakit yang diakibatkan ketika banjir diantaranya adalah diare, hepatitis, tifus, dan masih banyak lagi. Penyakit yang biasa dialami oleh pengungsi banjir adalah diare. Diare merupakan penyakit paling sering dialami oleh setiap orang ketika berada di pengungsian.

Kuman, virus, dan bakteri adalah hasil dari limbah rumah tangga, limbah industri, kotoran hewan, bangkai, pestisida, dan masih banyak lagi. Dari situ, limbah tersebut dibawa oleh air dan akan menghinggapi orang-orang yang berada dalam kondisi fisik kurang fit. Untuk lebih jelasnya menengai penyakit yang diakibatkan ketika banjir diantaranya adalah :

Penyakit yang Diakibatkan Ketika Banjir

  • Diare

Diare merupakan salah satu penyakit yang familiar di seluruh negara berkembang. Diare dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu diare berat dan diare ringan. Jenis diare  berat memiliki potensi yang cukup berbahaya. Efek terburuknya adalah kematian. Alangkah baiknya cukupkanlah diri Anda dengan konsumsi cairan (air putih), kalau perlu buatlah oralit untuk mengatasi kekurangan cairan dalam tubuh.

Gejala diare tiap orang memiliki beberapa macam, baik dari sakit perut biasa dilanjutkan dengan BAB dengan kotoran yang tidak terlalu encer hingga perut menjadi kram yang dibarengi dengan kotoran BAB yang sangat encer seperti air. Biasanya seseorang yang mengalami diare parah akan merasa demam dan kram di perut yang hebat. Biasanya ketika seseorang mengalami diare, kotoran akan bercampur dengan lender dan atau darah.

  • DB (Demam Berdarah)

Demam berdarah merupakan penyakit yang diakibatkan oleh virus yang ditularkan melalui salah satu jenis serangga, yaitu nyamuk. Nyamuk aedes aegypti merupakan jenis nyamuk yang membawa virus DB. Biasanya bayi atau anak-anak yang mengalami demam berdara akan mengalami demam dan disertai ruam di sekujur tubuhnya. Sedangkan pada remaja dan orang dewasa akan mengalami demam ringan atau demam berat disertai dengan sakit kepala parah, nyeri otot, nyeri sendi, nyeri di belakang mata, dan ruam di sekujur tubuh.

  • Leptospirosis

Penyakit ini diakibatkan oleh bakteri leptospira. Bakteri ini biasanya dibawa oleh hewan, khususnya di Indonesia adalah tikus. Penyakit jenis ini sangat mudah sekali menularkan ke orang lain. Media utama penyaluran bakteri tersebut ke manusia adalah melalui tikus. Bakteri yang melekat di tubuh manusia dapat masuk melalui kulit, luka yang terbuka, luka memar, ataupun mata yang bersentuhan dengan genangan air hujan.

Gejala penderita penyakit leptospirosis adalah mengalami nyeri otot, sakit kepala ringa, dan demam yang dapat mengakibatkan perdarahan di paru-paru. Pada beberapa kasus, penyakit leptospirosis yang tidak segera diobati, maka akan memunculkan penyakit ginjal, meningitis, gagal hati, penyakit pernafasan, dan bahkan bisa mengakibatkan kematian.

  • Malaria

Genangan yang tidak segera dibersihkan maka dapat digunakan oleh nyamuk untuk berkembang biak. Anda tidak akan tahu nyamuk yang berkembang biak disana apakah nyamuk biasa maupun nyamuk yang membawa bakteri malaria.

Gejala yang dialami oleh penderita malaria adalah demam, mudah lelah, menggigil kedinginan. Jika penyakit ini dibiarkan saja, tidak menutup kemungkinan akan mengakibatkan kematian. Karena sistem kerja bakteri tersebut adalah menyumbat atau mengganggu pasokan darah ke organ vital manusia.

  • ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut)

Gejala dari ISPA adalah seperti batuk pada umumnya disertai dengan demam. Tidak sedikit yang hingga mengalami sesak nafas dan nyeri pada dada. Biasanya penyakit ini diakibatkan oleh virus, bakteri, organism lain yang masuk melalui hidung kemudian masuk kedalam saluran pernafasan. ISPA sendiri sangat mudah ditularkan melalui air liur, udara, darah, dan lain-lain.

Demikianlah beberapa penyakit yang diakibakan ketika banjir. Oleh karena itu, perketat kesehatan Anda dan jagalah kondisi tubuh Anda agar tetap fit dengan mengkonsumsi vitamin. Tidak salahnya Anda tetap aktif untuk membantu sesame ketika terjadi bencana banjir tetapi tetap jaga kondisi tubuh Anda. – Toko obat herbal

Check Also

Benturan Kepala Mengakibatkan Gegar Otak

Benturan Kepala Mengakibatkan Gegar Otak

Benturan Kepala Mengakibatkan Gegar Otak – Dalam setiap aktifitas pasti akan memiliki tingkat kecelakaan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *