Home / Info Kesehatan / Pengobatan Flu Singapura

Pengobatan Flu Singapura

Pengobatan Flu Singapura yang Perlu Diketahui

Flu Singapura sudah merambah ke Indonesia dengan mudah. Penularan flu ini cukup mudah karena media penularannya adalah virus. Virus RNA yang tergolong dalam keluarga picornaviridae merupakan virus yang dapat menyerang siapa saja, tidak mengenal tua maupun muda, laki-laki maupun perempuan.  Penyakit flu Singapura ini biasa disebut dengan HFMD (Hand, Foot, Mouth Disease) atau dalam bahasa Indonesianya dikenal dengan penyakit tangan, kaki, dan mulut. Keberadaan virus ini didalam tubuh dapat diketahui  melalui ketiga organ tersebut. Yaitu dengan timbulnya bintik-bintik air dan luka disekitar tiga area tersebut yaitu tangan, kaki, dan mulut. Jika sudah muncul gejala-gejala tersebut, untuk segera saja melakukan pengobatan flu Singapura sejak dini. Hal ini dikarenakan dapat berbahaya jika didiamkan saja hingga parah.

Penyakit ini sebenarnya sudah muncul cukup lama, yaitu sekitar tahun 1997 dimana pada tahun tersebut terdapat 31 anak yang meninggal di daerah Sarawak, Malaysia. Mereka ditengarai dengan gejala-gejala yang ada dan mengalami keterlambatan dalam pengobatan flu Singapura tersebut sehingga kematianpun jadi jalan terakhir dari penderita penyakit tersebut. Selain itu ada faktor lain, yaitu penyakit jenis ini baru pertama kali muncul pada tahun tersebut di Malaysia sehingga perlu dilakukan analisa terlebih dahulu. Di Indonesia pertama kali terjangkit penyakit flu Singapura ini pada tahun 2009 dimana terdapat 8 anak yang telah selesai berlibur dari Singapura dan mengalami demam berkelanjutan sehingga muncul bintik-bintik merah pada bagian tangan, kaki, dan mulut tersebut dan mereka divonis mengidap flu Singapura. Nah pada saat itulah booming nama flu Singapura di Indonesia. Karena sebab penyakit tersebut yang dialami oleh 8 anak Indonesia, pemerintah pernah mengeluarkan travel warning ke Singapura. Hal ini merupakan langkah konkrit pemerintah untuk menjaga agar warganya tidak lagi terjangkit penyakit flu Singapura dalam waktu dekat.

Walaupun bintik-bintik tersebut biasa timbul di tangan, kaki, dan mulut, tidak jarang bintik-bintik tersebut juga muncul disekitar siku tangan, pantat, lipatan paha, dan lutut. Hal ini akan membuat tubuh merasa tidak nyaman karena adanya bintik-bintik tersebut. Selain itu, dapat menular kepada orang lain penyakit flu Singapura ini. Biasanya penyakit flu Singapura ini biasa menular pada musim panas atau musim kemarau. Pada paragraf pertama tadi telah dibahas bahwa penyakit flu Singapura dapat menyerang siapa saja tidak mengenal tua dan muda, akan tetapi penyakit flu Singapura ini lebih sering menyerang anak-anak sekitar  umur 2 minggu hingga 5 tahun bahkan ada yang sampai umur 10 tahun. Hal ini dikarenakan orang dewasa lebih kuat dan kebal terhadap virus tersebut. Namun demikian, hal tersebut tidak boleh disepelekan, karena setiap penyakit akan menyerang siapa saja yang sedang lengah dan kondisi fisiknya sedang menurun sehingga daya tahan tubuh yang sejatinya bisa menang melawan segala penyakit yang masuk dalam tubuh, untuk kali ini tidak dapat menghalaunya. Penularan flu Singapura ini berlangsung ketika terjadi kontak secara langsung, sehingga disarankan bagi keluarga atau siapa saja yang sedang dekat dengan pasien flu Singapura untuk menjaga kesehatan tubuh dan tidak sering-sering kontak secara langsung.

pengobatan flu singapura
pengobatan flu singapura

Gejala Flu Singapura

Biasanya flu Singapura yang sudah masuk kedalam tubuh akan mengalami masa inkubasi yang berlangsung lebih kurang selama satu minggu. Setelah satu minggu berjalan, biasanya akan muncul gejala-gejala yang akan dibahas dibawah ini mengenai gejala flu Singapura. Berikut ini akan dibahas mengenai beberapa gejala flu Singapura sebagai berikut :

  • Demam tinggi
  • Nafsu makan menurun dan cenderung menghilang
  • Terjadi peradangan pada tenggorokan
  • Muncul bintik-bintik merah di tangan, kaki, dan mulut
  • Muncul luka di lidah, gusi, dan pipi bagian dalam
  • Muntah-muntah
  • Batuk
  • Sakit perut
  • Jika terjadi pada bayi, bayi akan rewel dan mudah marah

Dari beberapa gejala diatas, Anda bisa memahami bahwa ada hal yang identik dengan penyakit flu Singapura, yaitu munculnya bintik-bintik merah di tangan, kaki, dan mulut. Hal inilah yang cukup terlihat mencolok ketika mengalami flu Singapura. Seperti mengidap penyakit-penyakit lainnya, setiap orang yang akan sakit pasti mengalami demam diawalnya sehingga ketika mengalami demam, Anda belum mengetahui apakah terjangkit penyakit flu Singapura atau tidak.

Pengobatan Flu Singapura

Para penderita flu Singapura biasanya perlu dilakukan pengobatan khusus. Hal ini dilakukan selain untuk mempercepat penyembuhan sang penderita, juga supaya orang lain disekitarnya tidak terjangkit penyakit tersebut khususnya anak-anak karena masih rentan terserang penyakit flu Singapura. Berikut ini akan dibahas mengenai pengobatan flu Singapura yang diantaranya adalah :

  1. Memberikan cairan atau minuman kepada penderita flu Singapura. Hal ini dikarenakan penderita flu Singapura mengalami peradangan di tenggorokannya sehingga perlu dilumasi dengan air agar tidak semakin menjadi penyakit radang tenggorokannya. Selain itu, minuman yang dikonsumsi juga membantu mengembalikan cairan-cairang yang keluar dari tubuh sehingga penderita tidak mengalami dehidrasi.
  2. Jangan memberikan makanan atau minuman yang memiliki tingkat keasaman dan kepedasan yang terlalu tinggi. Hal ini akan justru membuat penderita semakin tersiksa dengan penyakitnya. Makanan yang mengandung asam dan pedas akan membutuhkan waktu yang lama dalam penyerapannya sehingga makanan tersebut tidak disarankan untuk dikonsumsi terlebih dahulu.
  3. Selain itu, hindari makan kerupuk, gorengan, dan makanan keras lainnya karena akan membuat sariawan di dinding mulut si penderita. Baca juga : Bahaya konsumsi gorengan
  4. Jangan berikan antibiotik kepada penderita flu Singapura. Karena penyakit ini tidak disebabkan oleh bakteri melainkan virus. Antibiotik sejatinya akan membunuh bakteri tetapi tidak dengan virus. Sehingga dihindari untuk penggunaan antibiotik dalam permasalahan pengobatan flu Singapura.
  5. Untuk meredakan nyeri dan demam, alangkah baiknya berikan asetaminofen atau ibuprofen yang dapat meredakan masalah tersebut. Jangan sekali-sekali berikan aspirin kepada penderita flu Singapura dibawah umur 16 tahun. Hal ini dikarenakan akan beresiko timbulnya penyakit sindrom Reye.
  6. Yang paling penting adalah istirahat yang cukup. Jagan terlalu banyak aktifitas terlebih dahulu. Karena tubuh butuh energi atau tenaga yang besar untuk menyembuhkan penyakit tersebut.

Cara Mengurangi Resiko Penyebaran Flu Singapura

  • Mengisolasi penderita merupakan cara paling ampuh untuk menghindari penyebaran virus tersebut. Virus tersebut mudah sekali menyebar, sehingga virus tersebut mudah sekali menjangkiti orang-orang disekitarnya.
  • Mencuci tangan dan kaki hingga bersih. Disarankan untuk selalu menjaga kebersihan apapun baik tangan maupun kaki khususnya yang habis dari bepergian atau setelah menjenguk penderita. Khususnya anak-anak dibawah 10 tahun akan sangat rentan terjangkit virus yang dapat menimbulkan penyakit flu Singapura.
  • Hindari berbagi peralatan makan maupun minum dengan penderita untuk sementara. Air liur merupakan sarana virus untuk menyebarkan penyakit tersebut. Sehingga tidak disarankan  untuk berbagi alat makan dan minum terlebih dahulu.
  • Membersihkan area sekitar penderita. Pakaian, sprei, meja, dan alat-alat lain yang berhubungan dengan penderita, usahakan untuk dicuci terpisah. Karena akan rentan sekali menyebar ke tempat lain. Usahakan melakukan pembersihan hingga tuntas dan jangan asal dalam membersihkannya.

Pengobatan flu Singapura harus dilakukan segera sebelum virus penyebab flu Singapura merajalela didalam tubuh Anda atau keluarga Anda. Karena jika sudah merajalela akan susah proses pengobatan flu Singapura pun akan menjadi lebih lama. Alhasil semua akan terkuras dalam pengobatan flu Singapura tersebut baik materi maupun non materi. Semakin cepat penanganan maka akan semakin mudah pula proses pengobatan flu Singapura.

Toko Obat Herbal

Check Also

Cara Aman dan Nyaman Ketika Berolahraga Untuk Lansia

Cara Aman dan Nyaman Ketika Berolahraga Untuk Lansia

Cara Aman dan Nyaman Ketika Berolahraga Untuk Lansia – Semakin tua kondisi organ dalam manusia akan …