Home / Info Kesehatan / Produk Ikan Makarel Kaleng yang Bahaya untuk Dikonsumsi

Produk Ikan Makarel Kaleng yang Bahaya untuk Dikonsumsi

Produk Ikan Makarel Kaleng yang Bahaya untuk Dikonsumsi – Belakangan ini telah banyak beredar mengenai produk ikan makarel kaleng yang bahaya untuk dikonsumsi oleh manusia. BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) telah merilis bahwa mereka menemukan cacing yang berada di 27 produk ikan makarel kaleng yang beredar di negara kita Indonesia. Produk-produk yang beredar luas tersebut merupakan produk yang berasal dari Tiongkok dan ada juga yang di produksi di Indonesia. Hal ini pun sontak menjadi bahan perbincangan oleh netizen di media sosial mengenai temuan tersebut. Tidak sedikit dari Anda pastinya yang pernah membeli makanan tersebut bukan?

Produk Ikan Makarel Kaleng yang Bahaya untuk Dikonsumsi
Produk Ikan Makarel Kaleng yang Bahaya untuk Dikonsumsi

Menurut Jendral Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan dari Kementrian Kelautan dan Perikanan bernama Nilanto Perbowo menyatakan bahwa cacing tersebut ditemukan di produk ikan makarel kemasan tertentu saja. cacing tersebut tidak ditemukan di beberapa produk ikan kemasan kaleng lainnya. Seperti yang Anda ketahui bahwa makanan kaleng berupa ikan yang beredar secara umum diantaranya adalah ikan makarel, ikan tuna, ikan sarden, dan masih banyak jenis ikan lainnya.

Apa itu Ikan Makarel?

Apakah Anda tahu apa itu ikan makarel? Ikan makarel bukanlah sama dengan ikan tuna dan ikan sarden, akan tetapi ikan makarel berada dalam kelompok ikan tenggiri dan ikan kembung. Dimana makarel sendiri merupakan sebutan untuk sekelompok ikan laut yang terdiri dari berbagai macam marga anggota scombridae. Ikan makarel hidup di lautan lepas walaupun demikian terdapat beberapa spesies yang hidup di perairan teluk yang tidak jauh dari pantai. Biasanya ikan makarel hidup dan berkembang biak di daerah perairan tropis. Uninya ikan ini adalah ikan ini dapat menyelam sampai kedalaman sekitar 1.000 meter.

Asal-usul Cacing dalam Ikan Makarel

Cacing yang terdapat dalam ikan makarel tersebut bernama Anisakis Sp. Cacing jenis ini tidak menular antar manusia. Cacing Anisakis sp ini awal mulanya hidup di perut mamalia laut. Cacing ini berasal dari makanan atau mikroorganisme yang dimakan oleh mamalia laut kemudian membesar di dalam perut mamalia laut tersebut. kemudian cacing tersebut bertelur dan telurnya ikut keluar beserta kotoran dari perut mamalia laut. Nah, telur yang keluar kemudian menetas dan menjadi larva yang ikut hanyut beserta air laut.  larva tersebut tidak tidak semuanya berhasil membesar karena menjadi makanan para hewan laut seperti udang. Udang yang telah terinfeksi oleh larva cacing anisakis tadi merupakan makanan dari ikan makarel yang berada di laut. Nah, hasil tangkapan ikan makarel oleh para nelayan tersebut kemudian di perjual belikan. Salah satunya adalah di beli oleh perusahaan pengemas ikan dalam kaleng. Ikan yang telah terinfeksi tersebut kemudian dimakan oleh manusia. Manusia yang terinfeksi oleh cacing tersebut, biasanya mengolah atau memasaknya tidak atau kurang baik. Sehingga larva atau cacing yang terdapat dalam tubuh ikan makarel tersebut tidak berhasil dimatikan. Alhasil akan membuat tubuh manusia menjadi bermasalah.

Gejala Infeksi Cacing Anisakis

Sebenarnya gejala dari masuknya cacing atau larva cacing anisakis sp tersebut tidaklah mematikan. Hanya saja perlu penanganan lebih lanjut jika tidak ingin penyakitnya menyebar dan menjadi parah. Gejala dari infeksi cacing anisakis ini akan mengganggu aktifitas harian Anda. Diantara gejala yang dapat mengganggu aktifitas Anda adalah nyeri lambung, mual, diare, demam ringan, hingga alergi. kesemua gejala tersebut sebaiknya untuk diperhatikan. Karena gejala-gejala tersebut dapat menandakan bahwa ada yang tidak beres dalam tubuh Anda baik dari makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Cara Mencegah Terjangkit Cacing Anisakis sp

Pilih memilih dalam berbelanja adalah hal yang sangat penting. Apalagi yang berhubungan dengan masak apa Anda nantinya. Sebenarnya tidak hanya produk ikan makarel kaleng yang bahaya untuk dikonsumsi, masih banyak produk-produk lain jika Anda tidak teliti Anda pun bisa terserang penyakit.  Alangkah baiknya untuk memasak masakan dengan sempurna sehingga makanan yang akan Anda santap bisa menjadi tenaga dalam menjalankan aktifitas Anda setiap harinya. Karena kesalahan Anda dalam memasak akan membuat Anda terganggu kesehatannya. Jika terjadi hal-hal atau gejala seperti diatas, alangkah baiknya untuk segera dikonsultasikan kepada pihak medis di sekitar Anda.

Produk Ikan Makarel Kaleng yang Bahaya untuk Dikonsumsi
Produk Ikan Makarel Kaleng yang Bahaya untuk Dikonsumsi

Semoga informasi ini dapat menjadi pelajaran bagi Anda dan orang lain. Alangkah baiknya jika tips info kesehatan  ini Anda rasa baik, untuk dibagikan kepada orang lain. Karena diluar sana masih banyak orang yang belum mengetahui informasi seperti ini. – Toko obat herbal

Check Also

Benturan Kepala Mengakibatkan Gegar Otak

Benturan Kepala Mengakibatkan Gegar Otak

Benturan Kepala Mengakibatkan Gegar Otak – Dalam setiap aktifitas pasti akan memiliki tingkat kecelakaan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *