Home / Info Kesehatan / Benturan Kepala Mengakibatkan Gegar Otak

Benturan Kepala Mengakibatkan Gegar Otak

Benturan Kepala Mengakibatkan Gegar Otak – Dalam setiap aktifitas pasti akan memiliki tingkat kecelakaan yang bermacam-macam. Salah satu kecelakaan yang ringan dan bisa berakibat fatal adalah benturan kepala. Benturan di kepala bisa dialami oleh siapa saja dengan profesi apa saja. Biasanya benturan kepala sering dialami oleh orang-orang yang bekerja dengan mengandalkan fisiknya. Salah satu contohnya adalah olahragawan. Sebut saja salah satu cabang olahraga yang sering mengalami benturan kepala adalah sepak bola. Dalam olahraga sepak bola, sering sekali kita temui adu kepala ketika ingin menanduk bolah. Nah, pertanyaannya adalah apakah benturan kepala mengakibatkan gegar otak? Hal ini sebenarnya tergantung pada tingkat cideranya dan benturannya.

Benturan kepala yang cukup keras dapat berakibat fatal. Mulai dari cidera kepala seperti gegar otak, bahkan hingga kematian. Hal yang paling ringan dari benturan kepala adalah lupa ingatan atau amnesia. Amnesia adalah ketidakmampuan otak untuk mengingat suatu informasi, kejadian, pengalaman tertentu dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Namun, sejatinya seseorang yang menderita amnesia itu dapat disembuhkan atau dipulihkan kembali ingatannya baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang dan pastinya membutuhkan tahapan serta metode tertentu. Baca juga : Jenis penyakit yang membuat orang bodoh

Benturan Kepala Mengakibatkan Gegar Otak
Benturan Kepala Mengakibatkan Gegar Otak

Benturan di kepala memang dapat mengakibatkan gegar otak. Nah, gegar otak tersebut dapat mempengaruhi kinerja otak tetapi tidak mengakibatkan kerusakan fungsi otak secara permanen. Hal ini biasanya hanya mengakibatkan kesulitan dalam melakukan callback sebuah informasi yang pernah diingat sebelumnya. Jika ingin mengenal mengenai gegar otak secara mendalam, gegar otak sendiri terbagi menjadi 3 tingkatan, yaitu gegar otak ringan, gegar otak sedang, gegar otak berat. Berikut ini terdapat sedikit pembahasan terkait tingkatan dari gegar otak, diantaranya :

  • Gegar otak ringan : orang yang mengalami gegar otak ringan biasanya tidak sampai pingsan. Gejala yang muncul biasanya hanya pusing di bagian yang terjadi benturan, mual, telinga berdeging, linglung (bingung ketika ditanya), pandangan mata menjadi kabur, nyeri di kepala sekitar 10-15 menit.
  • Gegar otak sedang : orang yang mengalami gegar otak sedang gejalanya mirip dengan gejala gegar otak ringan. Hanya saja, nyeri yang dialami di kepala lebih dari 15 menit dan tidak sampai pingsan.
  • Gegar otak berat : orang yang mengalami gegar otak berat biasanya sudah pingsan di tempat. Kalau sudah mengalami hal seperti ini, alangkah baiknya untuk segera dilarikan ke rumah sakit atau klinik untuk mendapatkan pertolongan pertama. Biasanya gegar otak berat ini akan mengalami amnesia yang cukup lama. Kesulitan untuk melakukan callback segala macam informasi memerlukan kesabaran dalam mengembalikan ingatannya.

Untuk mengetahui apakah benturan tersebut berakibat fatal atau tidak, perlu dilakukan pengecekan atau pemeriksaan oleh dokter spesialis syaraf supaya dapat dilakukan pemeriksaan secara fisik maupun dengan alat penunjang seperti CT Scan atau MRI.

Demikianlah sedikit ulasan terkait apakah benturan kepala mengakibatkan gegar otak. Pada dasarnya tidak semua benturan kepala mengalami gegar otak, untuk lebih valid dalam menyatakan vonis apakah mengalami gegar otak atau tidak dan apakah mengalami amnesia atau tidak dipersilahkan untuk melakukan pemeriksaan secara medis oleh dokter spesialis syaraf. – toko obat herbal

Check Also

Penyebab Jerawat di Daerah Miss V

Penyebab Jerawat di Daerah Miss V

Penyebab Jerawat di Daerah Miss V – Jerawat merupakan suatu hal yang sangat umum hinggap …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *