Home / Info Kesehatan / Cara Membersihkan Kelamin Bayi Perempuan

Cara Membersihkan Kelamin Bayi Perempuan

Cara Membersihkan Kelamin Bayi Perempuan
Cara Membersihkan Kelamin Bayi Perempuan

Cara Membersihkan Kelamin Bayi Perempuan — Melihat foto bayi perempuan diatas sepertinya kita tidak tega ketika bayi tersebut merasa kesakitan atau tersiksa. Bayi masih memiliki kulit yang sensitif, sehingga perlakuan apapun itu harus dengan hati-hati. Karena salah sedikit penanganan saja sudah berakibat terjadi ruam pada kulit si bayi. Termasuk hal dalam membersihkan kelamin bayi. Khususnya bayi perempuan memerlukan perlakuan khusus dibandingkan dengan bayi laki-laki. Kenapa? Karena kedua saluran ekskresi atau pengeluaran pada wanita sangat berdekatan sehingga dikhawatirkan kotoran ataupun kuman dari dubur akan masuk kedalam vagina. Dengan demikian cara membersihkan kelamin bayi perempuan harus sangat hati-hati dan perlu dicermati, jangan sampai hal buruk akan terjadi pada bayi kita karena keteledoran kita yang kurang hati-hati dalam membersihkan kotoran saat dia buang air baik besar maupun kecil. Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara membersihkan kelamin bayi perempuan yang mudah untuk dipraktekkan oleh sang Bunda maupun sang Ayah dalam merawat bayi perempuannya.

Cara membersihkan kelamin bayi perempuan

  1. Ambillah kapas bersih dan kemudian celupkanlah kedalam air hangat dan yakinkan bahwa kapas tadi sudah basah seluruhnya. Kemudian peraslah dan jangan sampai air yang terserap dalam kapas hilang sepenuhnya. Usapkan kapas tadi ke sekitaran vagina bayi perempuan Bunda dan meluas kepada lipatan-lipatan paha sampai ke pangkalnya. Usahakan jika kapas sudah kotor, ganti dengan yang baru.
  2. Ambil lagi kapas dan celupkan kedalam air hangat tadi dengan cara yang sama kemudian bersihkan sekitar lubang vagina dan anus. INGAT!!! Lakukan dari depan ke belakang atau dari atas ke bawah tergantung posisi (dari arah lubang vagina ke lubang anus). Hal ini sangat penting dilakukan agar mikroorganisme jahat tidak akan masuk kedalam organ vital bayi perempuan Bunda. Dan ingat, bersihkan hanya di mulut vagina saja, jangan sampai dalam.
  3. Keringkan daerah tadi yang tersapu dengan kapas menggunakan tisu atau kain kering yang tidak mudah hancur atau robek atau apapun itu yang meninggalkan jejak. Ulangi hingga benar-benar kering.

Diamkan sejenak agar sekitaran kemaluan dan paha terkena udara. Hal ini akan menurunkan kadar kelembaban pada kulit bayi dan membuat kulit bayi menjadi kering seutuhnya sehingga akan terjaga kesehatannya.

Setelah itu pergunakanlah popok kembali dengan lembut dan hati-hati agar bayi tetap tenang dan merasa tidak terganggu. Usahakan untuk menggunakan popok kain agar bayi dapat bergerak bebas dan merasa nyaman. Dengan menggunakan popok kain, Ayah dan Bundanya dapat mengetahui secara langsung ketika sang bayi sedang buang air. Berbeda jika sang bayi menggunakan popok pabrikan yang bisa jadi menimbulkan ruam atau iritasi pada kulit sang bayi. Memang perawatannya lebih berat bagi Ayah Bundanya, akan tetapi untuk menjaga kesehatan bayi kita apasih yang nggak mau dilakukan orang tuanya? Pasti mau khan….

Nah, silahkan praktekkan cara membersihkan kelamin bayi perempuan diatas secara berurutan dan jangan sampai terbolak-balik sehingga akan membuat bayi perempuan Bunda tetap sehat dan terjaga dari mikroorganisme jahat yang dapat menyakiti vagina sang bayi. Usahakan pergunakan cairan-cairan alami saja seperti air dan jangan tambahi cairan-cairan kimia. Karena kulit bayi masih sangat sensitif apalagi pada bayi yang baru lahir. Tingkat sensitifitasnya masih tinggi.

Oh iya, ada tambahan lagi. Jangan lupa kapas yang tadi digunakan untuk membersihkan feses atau kotoran pada bayi perempuan Bunda untuk dibuang di tempat yang jauh dari jangkauan bayi. Usahakan jangan taruh sampah didalam kamar. Karena bisa jadi bakteri atau mungkin mikroorganisme yang tersangkut dalam kapas tadi menghasilkan hal-hal negatif yang dapat mempengaruhi kesehatan sang bayi. Selain itu, demi menjaga kelangsungan kesehatan sang bayi, ikutilah selalu anjuran vaksin atau imunisasi yang dilakukan pada tiap bulannya karena sudah ada sertifikasi halal imunisasi dari MUI yang sudah menimbulkan peningkatan kepercayaan khususnya umat muslim agar anaknya mau di imunisasi. Dan akhirnya semoga cara membersihkan kelamin bayi perempuan diatas dapat bermanfaat bagi Bunda dan Ayah. – Toko obat herbal

Komentar Lewat Facebook
Cara Membersihkan Kelamin Bayi Perempuan -- Melihat foto bayi perempuan diatas sepertinya kita tidak tega ketika bayi tersebut merasa kesakitan atau tersiksa. Bayi masih memiliki kulit yang sensitif, sehingga perlakuan apapun itu harus dengan hati-hati. Karena salah sedikit penanganan saja sudah berakibat terjadi ruam pada kulit si bayi. Termasuk hal dalam membersihkan kelamin bayi. Khususnya bayi perempuan memerlukan perlakuan khusus dibandingkan dengan bayi laki-laki. Kenapa? Karena kedua saluran ekskresi atau pengeluaran pada wanita sangat berdekatan sehingga dikhawatirkan kotoran ataupun kuman dari dubur akan masuk kedalam vagina. Dengan demikian cara membersihkan kelamin bayi perempuan harus sangat hati-hati dan perlu dicermati, jangan sampai…

0%

User Rating: 5 ( 1 votes)

About admin

Jadikanlah dirimu manfaat bagi orang lain

Check Also

Bahaya Laser Mainan Anak-Anak

Bahaya Laser Mainan Anak-Anak

Bahaya Laser Mainan Anak-Anak — Saat ini banyak sekali penjual mainan menjajakan mainannya dengan berbagai cara. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *