Home / Info Kesehatan / Cara Membersihkan Kelamin Bayi Laki-laki

Cara Membersihkan Kelamin Bayi Laki-laki

Cara Membersihkan Kelamin Bayi Laki-laki
Cara Membersihkan Kelamin Bayi Laki-laki

Cara Membersihkan Kelamin Bayi Laki-laki —¬†Sebelumnya telah dibahas mengenai cara membersihkan kelamin bayi perempuan yang dimana memerlukan perlakuan khusus dalam menjaga kebersihan kelamin bayi perempuan. Kenapa? Karena antara vagina dan anus sangat berdekatan dan dimungkinkan vagina yang tadinya sehat-sehat saja dapat terserang mikroorganisme jahat yang bersarang di anus beserta kotoran yang melewati lubang tersebut. Berikut ini akan kita bahas mengenai cara membersihkan kelamin bayi laki-laki yang sebenarnya memang perlu perlakuan khusus dibandingkan dengan kita yang sudah dewasa. Hal ini dikarenakan kulit pada bayi masih terlalu sensitif. Dengan demikian, kita perlu mengetahui cara tersebut agar ketika kita dikaruniai anak laki-laki atau sudah dan sedang mencari cara membersihkan kelamin bayi laki-laki agar tetap bersih dan sehat.

Alat kelamin laki-laki berbeda dengan alat kelamin perempuan dimana alat kelamin laki-laki berada diluar sehingga dalam membersihkannya lebih mudah dibandingkan dengan bayi perempuan. Tapi dengan kemudahannya tersebut, kita tidak boleh menggampangkan hal tersebut. Karena ketika kita menggampangkan hal tersebut, tidak sedikit dari kita malah mengalami keteledoran yang berakibat pada kesehatan bayi laki-laki kita menjadi terganggu.

Biasanya orang tua seperti kita menggampangkan dalam perawatan kelamin laki-laki. Tidak jarang yang melakukan pembersihan pada saat mandi saja. Padahal sejatinya perlakuan dalam membersihkan kelamin laki-laki hampir sama dengan perlakuan dalam membersihkan kelamin bayi perempuan, yaitu membersihkan setelah sang bayi buang air kecil maupun buang air besar. Inilah cara membersihkan kelamin bayi laki-laki yang selalu harus kita cermati. Nah, berikut ini akan kita bahas mengenai step-step cara membersihkan kelamin bayi laki-laki sehingga jika terdapat orang tua yang masih bingung mengenai caranya dapat mengikuti cara-cara dibawah ini.

Cara membersihkan kelamin bayi laki-laki yang efektif

  1. Siapkan kapas bulat yang biasa ditemukan di pasar modern seperti supermarket yang sudah dalam bentuk bulatan-bulatan dan air hangat.
  2. Celupkan kapas bulat tersebut kedalam air hangat sehingga kapas tersebut dapat basah seluruhnya. Kemudian peraslah dan ingat, jangan peras hingga benar-benar kering. Usahakan sisakan sedikit air agar dalam mengusap ke kulit bayi dapat dengan mudah.
  3. Usapkanlah kapas basah tadi kepada penis dari kepala kebawah kemudian buah zakar, dan diakhiri pada bagian selangkangannya. Hal ini dapat diterapkan jika bayi sedang mengalami buang air kecil. Jika bayi mengalami buang air besar, bersihkan anusnya menggunakan kapas basah tadi hingga bersih. Dan ingat, jika kapas sudah kotor, usahakan untuk mengganti kapas yang baru. Jangan sekali-sekali mempergunakan kapas kotor untuk mengusap ke seluruh bagian kelamin dan selangkangan.
  4. Usapkanlah pantat, paha, dan sekitaran penis dan anus bayi laki-laki tadi. Usapkan hingga merata dan tidak ada bekas kotoran bayi pada sekitaran kelamin bayi tersebut.
  5. Keringkan menggunakan handuk atau kain yang kering agar lingkungan kelamin bayi laki-laki tidak lembab dan terjaga kebersihannya.
  6. Setelah itu pergunakanlah popok. Usahakanlah menggunakan popok kain. Kenapa? Karena dengan menggunakan popok kain terdapat beberapa kelebihannya. Seperti : ketika bayi sedang buang air kecil maupun besar akan mudah diketahui, mencegah terjadinya ruam-ruam pada kulit sekitaran selangkangan, lebih irit, terhindar dari lingkungan yang lembab bagi kelamin.

Yang perlu kita ingat sebagai Ayah dan Bunda untuk menjaga selalu kesehatan bayi kita karena memang bayi masih memiliki kulit yang cukup sensitif. Sehingga salah satunya perlu mengetahui cara membersihkan kelamin bayi laki-laki agar sang bayi terhindar dari mikroorganisme jahat yang kapan saja bisa menyerang organ vitalnya.

Cara membersihkan kelamin bayi laki-laki diatas sebenarnya mudah untuk dilakukan. Asalkan tetap harus menjaga kesehatan dan kebersihan bayi dan lingkungan sekitar seperti tempat sampah, pakaian kotor, dan lain-lain yang dapat mengganggu kesehatan bayi. Usahakan juga jangan menggunakan cairan kimia dalam membersihkan kelamin bayi laki-laki kita. Karena terkadang ada bayi yang memiliki kulit yang super sensitif sehingga Ayah dan Bunda harus hati-hati dalam menjaga tumbuh kembang si kecil. – Toko obat herbal

Check Also

Olahraga yang Sesuai untuk Orang Tua

5 Olahraga yang Sesuai untuk Orang Tua

Olahraga yang Sesuai untuk Orang Tua – Olahraga merupakan salah satu aktifitas yang sebenarnya wajib …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *