Home / Info Kesehatan / Bahaya Laser Mainan Anak-Anak

Bahaya Laser Mainan Anak-Anak

Bahaya Laser Mainan Anak-Anak — Saat ini banyak sekali penjual mainan menjajakan mainannya dengan berbagai cara. Baik berjualan dengan offline (memiliki toko atau berkeliling) ataupun dengan cara online (dipasarkan melalui media online seperti facebook, olx, tokopedia, dan lain-lain). Hal ini sebenarnya tidak menjadi masalah, toh mereka juga mencari nafkah untuk menghidupi keluarga mereka sendiri. Yang menjadi masalah saat ini adalah maraknya penjualan laser oleh para penjual mainan. Hal ini untuk anak-anak dianggapnya salah satu mainan menarik, tetapi di lain sisi, mainan ini ternyata dapat menimbulkan petaka bagi orang lain. Bahaya laser mainan sudah tidak main-main lagi. Ada yang sampai membuat orang buta karena sinar laser mainan tersebut diarahkan ke mata orang lain. Dan masih banyak lagi efek dari bahaya laser mainan tersebut.

Bahaya Laser Mainan Anak-Anak
Bahaya Laser Mainan Anak-Anak

Masih ingat kejadian kekalahan timnas Indonesia di kandang Malaysia dalam turnamen AFF Suzuki Cup di penghujung tahun 2010? Yup… Banyak yang berkomentar bahwa salah satu faktor kekalahan timnas Indonesia adalah adanya gangguan sinar laser yang diarahkan ke beberapa pemain timnas kita. Sehingga konsentrasi pemain timnas kita menjadi terganggu. Kali inipun masalah penggunaan laser secara sembarangan mulai marak kembali. Khususnya di Jakarta, banyak para penjaja mainan menjual laser di pinggir jalan dengan menyalakan laser kearah atas. Hal ini untuk memberitahukan kepada para pengendara kendaraan bahwa si penyala laser tadi menjual laser. Laser yang mereka jual adalah lases berwarna hijau yang dulu juga digunakan waktu piala AFF. Nah, kali ini kita tidak akan membahas mengenai turnamen AFF dan para penjual laser tersebut, melainkan hanya mengingatkan kita mengenai bahaya laser mainan yang banyak dijual oleh para penjaja mainan.

Dalam standar konsensus IEC 825, telah dilakukan pembatasan kelas-kelas terhadap laser. Dimana disana telah dijelaskan mengenai spesifikasi laser tersebut berdasarkan daya outputnya kemudian laser tersebut dapat digunakan untuk apa dan juga dampak dari penggunaan laser tersebut apa saja. Oleh karena itu, kita bisa melihat bahaya laser mainan anak masuk dalam kelas yang mana berdasarkan konsensus tersebut.

Laser Kelas I

Spesifikasi : Daya output rendah

Penggunaan : Biasa dipergunakan di CD player dan remote

Dampak : Tidak berbahaya

Laser Kelas II

Spesifikasi : Daya output mencapai 1 mW

Penggunaan : Biasa dipergunakan sebagai sarana presentasi

Dampak : Mengakibatkan mata berkedip ketika tersorot langsung

Laser Kelas II A

Spesifikasi : Daya output rendah

Penggunaan : Biasa digunakan dalam mesin scanner atau fotocopy

Dampak : Dapat mengakibatkan retina terbakar, jika mata terfokus selama 1000 detik

Laser Kelas III A

Spesifikasi : Daya output mencapai 5 mW

Penggunaan : Biasa digunakan pada senjata api

Dampak : Berbahaya jika terkena organ tubuh

Laser Kelas III B

Spesifikasi :Daya output antara 5 mW sampai 500 mW

Penggunaan : Digunakan sebagai pointer

Dampak : Dapat membakar kulit dengan taraf ringan. Mata akan rusak secara permanen jika terpapar lebih dari 100 detik. Laser hijau masuk kategori ini.

Laser Kelas IV

Spesifikasi : Daya output lebih dari 500 mW

Penggunaan : Biasa digunakan dalam bidang medis, militer, industri, dan hiburan

Dampak : Dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada kulit dan mata

Dari kategori-kategori laser diatas, kita dapat mengetahui bahaya laser mainan khususnya yang berwarna hijau. Dimana laser tersebut masuk dalam kelas III B yang dapat membakar kulit dalam tahap ringan dan dapat membutakan mata seseorang jika dipaparkan lebih dari 100 detik. Bahaya laser mainan sangat berbahaya khan? Nah, berikut ini akan dibahas juga mengenai rentang panjang gelombang laser dan efeknya pada manusia berdasarkan standar konsensus IEC 825.

  1. 180 – 315 nm (UV-B, UV-C) : Setara sinar matahari. Dampaknya membuat peradangan pada kornea
  2. 315 – 400 nm (UV-A) : Dampaknya adalah terjadi kekeruhan pada lensa mata
  3. 400 – 780 nm (visible) : Dampaknya adalah retina akan rusak atau terbakar
  4. 780 – 1400 nm (mendekati IR) : Dampaknya mata akan mengalami katarak dan retina akan terbakar
  5. 1400 – 3956 nm (IR) : Dampaknya adalah mata mengalami katarak dan kornea terbakar
  6. 3 pm – 1 mm : Dampaknya adalah kornea terbakar

Demikianlah telah dipaparkan bahaya laser mainan anak yang harus kita ketahui. Sebagai orang tua, sejatinya kita harus menjaga dan mendidik anak kita dari hal-hal yang tidak bermanfaat apalagi dari hal-hal yang membahayakan orang lain seperti penggunaan laser tersebut. Karena kita mengetahui bahaya laser mainan tersebut, kita juga harusnya memberikan pengertian kepada anak kita terhadap bahaya tersebut dan juga kita mau mengingatkan siapa saja yang bermain laser tersebut agar mereka juga paham mengenai bahaya laser mainan. Baca juga : Cara mendidik anak sebagai enterpreneur muda

Toko obat herbal

Komentar Lewat Facebook
Bahaya Laser Mainan Anak-Anak -- Saat ini banyak sekali penjual mainan menjajakan mainannya dengan berbagai cara. Baik berjualan dengan offline (memiliki toko atau berkeliling) ataupun dengan cara online (dipasarkan melalui media online seperti facebook, olx, tokopedia, dan lain-lain). Hal ini sebenarnya tidak menjadi masalah, toh mereka juga mencari nafkah untuk menghidupi keluarga mereka sendiri. Yang menjadi masalah saat ini adalah maraknya penjualan laser oleh para penjual mainan. Hal ini untuk anak-anak dianggapnya salah satu mainan menarik, tetapi di lain sisi, mainan ini ternyata dapat menimbulkan petaka bagi orang lain. Bahaya laser mainan sudah tidak main-main lagi. Ada yang sampai membuat orang…

0%

User Rating: 5 ( 1 votes)

About admin

Jadikanlah dirimu manfaat bagi orang lain

Check Also

Obat Alami untuk Reumatik

Obat Alami untuk Reumatik – TERBUKTI!!!

Obat Alami untuk Reumatik — Reumatik adalah salah satu penyakit yang menimbulkan rasa sakit atau nyeri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *