Saturday , December 16 2017
Home / Info Kesehatan / 6 Bahaya Meminum Air Hujan Untuk Kesehatan

6 Bahaya Meminum Air Hujan Untuk Kesehatan

Bahaya Meminum Air Hujan Untuk Kesehatan –┬áMusim hujan telah tiba, tidak sedikit orang yang setiap harinya kehujanan. Baik sedang berkendara, jalan kaki, ataupun lainnya. Tidak sedikit pula, air hujan yang turun ke bumi membasahi tubuh. Dan tidak sedikit pula, air hujan yang membasahi tubuh terminum secara tidak sengaja. Nah, terkadang ada pertanyaan apakah terdapat bahaya meminum air hujan untuk kesehatan?

Pertanyaan ini sering sekali muncul ketika hujan turun. Pada dasarnya air hujan memiliki dampak buruk jika masuk ke dalam tubuh melalui mulut. Air hujan yang masuk ke dalam tubuh dengan cara terminum akan mengalami reaksi dalam tubuh untuk melawan zat-zat jahat atau tidak cocok dengan tubuh. Meminum air hujan baik disengaja maupun tidak, memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Kesehatan tubuh akan menjadi drop ketika tingkat kekebalan tubuh seseorang mengalami penurunan secara individu. Semakin besar tingkat imunitas seseorang, maka akan mudah dikendalikan oleh tubuh. Sebaliknya, semakin rendah tingkat imunitas seseorang, maka seseorang akan mudah terkena penyakit dari segala sisi. Untuk menjaga kesehatan di waktu hujan, berikut ini akan dibahas mengenai bahaya meminum air hujan untuk kesehatan supaya Anda dan orang di sekitar Anda terhindar dari sakit karena hal sepele seperti meminum air hujan. Baca juga : Penyakit yang diakibatkan ketika banjir

Bahaya Meminum Air Hujan Untuk Kesehatan

  1. Diare (sakit perut)

Bahaya meminum air hujan yang pertama adalah diare. Biasanya jenis penyakit ini menimpa anak-anak dimana disaat musim hujan datang, anak-anak paling suka keluar rumah untuk hujan-hujanan. Dalam air hujan terdapat kandungan partikel logam dan polutan yang dihasilkan dari reaksi alam di atmosfer bumi terhadap kondisi polusi yang ditimbulkan oleh gas buang kendaraan bermotor, pabrik-pabrik, dan lain-lain. Polusi yang dihasilkan tersebut dapat terkontaminasi dengan beraneka macam bakteri maupun virus yang dapat mengakibatkan penyakit, khususnya yang mengincar saluran pencernaan.

  1. Kelainan organ pencernaan

Bahaya meminum air hujan berikutnya adalah bahaya yang menyerang organ pencernaan. Organ pencernaan tersebut termasuk lambung dan usus. Di dalam air hujan terkandung gas yang bersigat asam yang dapat memicu terjadinya iritasi dan kerusakan pada dinding lambung dan usus. Sehingga dapat mengganggu sistem pencernaan dalam tubuh manusia.

  1. Sakit kepala

Di dalam air hujan terkandung asam nitrat dan asam sulfat. Kedua jenis asam tersebut dapat menyebabkan seseorang sakit khususnya masuk angin dan sakit kepala. Kandungan zat yang terkandung dalam air hujan dapat menyumbat pembuluh darah dimana pembuluh darah berfungsi untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh dan mensuplai oksigen ke seluruh tubuh. Jika pembuluh darah tersumbat, maka kinerja pembuluh darah akan menurun yang akan berakibat pada serangan sakit kepala (pusing) yang kadang muncul kadang hilang.

  1. Gangguan sistem pernafasan

Air hujan yang masukkedalam tubuh dalam jumlah yang banyak akan mengganggu kinerja sistem pernafasan pada manusia. Hal ini akan diawali dengan terjadinya sesak nafas. Selain itu, dada akan merasakan nyeri dan tubuh merasa kelelahan akibat tersiram air hujan. Hal ini biasanya muncul karena didalam air hujan terkandung partikel gas beracun yang dihasilkan dari radikal bebas yang berterbangan di udara kemudian bercampur dengan air hujan.

  1. Daya tahan tubuh menurun

Saat hujan turun dan pastinya Anda dalam keadaan hujan-hujanan, pastilah Anda akan mudah terserang penyakit. Hal ini dikarenakan saat Anda terkena air hujan dan tidak sengaja meminumnya akan membuat daya tahan tubuh menurun. Tidak sedikit orang-orang yang terkena air hujan akan merasakan kehilangan nafsu makan yang akan mengakibatkan sistem imunitas dalam tubuh menurun. Alhasil tubuh akan rentan terhadap serangan penyakit walaupun penyakit yang ringan. Penyakit-penyakit yang biasa menyerang di saaat hujan tiba adalah flu, batuk, pilek, demam, dan lain-lain.

  1. Kelainan pembuluh darah

Kelainan tersebut biasa disebut dengan vasokonfriksi. Apa itu vasokonfriksi? Vasokonfriksi adalah terjadinya penyempitan pembuluh darah yang diakibatkan oleh tingkat keasaman air yang tinggi dan karakter butiran air yang mengandung zat logam yang masuk ke dalam tubuh manusia. Bahaya dari konsumsi air dengan tingkat keasaman tinggi adalah akan merusak sistem pencernaan dengan cara mengacaukan fungsi kerja pembuluh darah akibat terjadinya perubahan bentuk dari pembuluh darah yang semakin menyempit.

Demikianlah beberapa bahaya meminum air hujan yang dapat dipaparkan. Saatnya Anda dapat menjaga kesehatan tubuh Anda dari penyakit yang diakibatkan oleh air hujan. Walaupun demikian, hujan bukanlah sebuah musibah ataupun bencana. Hujan merupakan anugrah yang Anda dapatkan untuk Anda sendiri dan lingkungan sekitar. Jika Anda sudah sering hujan-hujanan, alangkah baiknya jaga kesehatan dengan konsumsi vitamin dan perbanyaklah konsumsi air putih hangat. – Toko obat herbal

Check Also

Penyebab Jerawat di Daerah Miss V

Penyebab Jerawat di Daerah Miss V

Penyebab Jerawat di Daerah Miss V – Jerawat merupakan suatu hal yang sangat umum hinggap …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *