Home / Info Kesehatan / Anak Malas Makan? Ini Solusi yang Harus Dilakukan

Anak Malas Makan? Ini Solusi yang Harus Dilakukan

Anak Malas Makan? Ini Solusi yang Harus Dilakukan — Setiap orang membutuhkan makan untuk menjaga kesehatan dalam menjalankan segala aktifitas hariannya. Tidak terkecuali seorang anak balita. Ya, terkadang seorang merasakan penurunan nafsu makan. Anak balita yang lagi lucu-lucunya dan aktif-aktifnya pasti membutuhkan banyak makanan untuk menopang segala aktifitas harian yang super duper sibuk. Jika anak malas makan, biasanya orang tua akan merasa bingung dan selalu mencari cara bagaimana anak mau makan lagi. Segala cara terkadang dilakukan agar sang anak mau makan lagi dengan lahap. Tetapi ternyata menurut penelitian bahwa seorang anak balita akan mengalami fase males makan. Hal ini biasa disebut dengan picky eatting. Picky eatting merupakan suatu kondisi normal pada anak balita yang susah makan karena ingin memilih milih makanan yang ia sukai sehingga membutuhkan dukungan atau support dari orang tuanya dalam memenuhi kebutuhan nutrisi untuk perkembangannya.

Anak Malas Makan
Anak Malas Makan

Beberapa tanda-tanda yang terlihat secara jelas apakah seorang anak balita mengalami fase picky eatting adalah dengan melihat cara makannya. Apakah dia mau makan tapi sedikit? Ataukah dia tidak mau makan sama sekali? Ataukah mau makan makanan yang menurut dia itu enak? Nah, disinilah peran orang tua bagaimana mengarahkan seorang anak yang sukanya memilih-milih makanan untuk mau makan segala macam makanan supaya tidak berlanjut hingga dewasa. Ketika sang anak suka memilih-milih makanan dan orang tua menurutinya terus menerus, alhasil hingga dewasa kelak sang anak akan suka pilih-pilih dalam makan suatu makanan. Hal ini akan merepotkan dan menyusahkan ketika sudah besar nanti ketika diajak makan oleh teman atau kerabat atau siapalah nanti harus pilih-pilih. Hal ini berbeda dengan alergi ya… Kalau alergi memang harus pilih-pilih makanan agar tidak timbul alergi pada dirinya.

Menurut penelitian dari Duke University School of Medicine bahwa dari 5 orang terdapat 1 orang yang suka memilih-milih makanan. Dan ternyata terbukti bahwa dalam masa pertumbuhannya jadi terganggu. Gangguan pada masa pertumbuhannya yang dapat terlihat oleh mata adalah berat badan dan tinggi anak tersebut cenderung lambat dibandingkan dengan teman-teman seumurannya. Biasanya seorang anak yang sudah berada pada fase picky eatter dan berlanjut terus menerus akan mudah jatuh sakit dan memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Selain itu, dari tingkat kecerdasan saja akan mengalami gangguan. Hal ini dapat dilihat dari susahnya konsentrasi, mudah mengalami kebosanan, dan malas belajar. Nah karena efek buruk dari fase tersebut, maka anak malas makan perlu di bantu dalam mengatasinya dengan beberapa cara dibawah ini.

Solusi Anak Malas Makan

  • Kurangi cemilan

Biasanya seorang anak lebih senang ngemil dibandingkan makan. Hal ini perlu dikurangi, kenapa? Karena seorang anak yang sudah senang ngemil maka akan susah untuk makan dalam porsi besar. Nah, terus bagaimana solusinya? Solusinya adalah dengan mengurangi cemilan anak Anda dan kalau perlu  sembunyikan cemilan tersebut agar sang anak tidak cuma mau makan cemilan saja.

  • Atur jam makan

Orang tua harus mengatus waktu makan sang anak. Sebagai contoh adalah seorang anak akan makan dengan interval waktu 3 jam atau 4 jam sekali. Dan  yang perlu diingat adalah jangan berikan makanan apapun itu saat interval waktu ini yang dapat membuat anak kenyang. Karena ketika dalam interval waktu tersebut sang anak sudah merasa kenyang maka anak tersebut tidak mau atau malas makan makanan utamanya.

  • Kenalkan dengan makanan baru

Dalam jangka waktu 2 minggu sampai 4 minggu sekali cobalah perkenalkan pada anak makanan baru. Memperkenalkan makanan baru pada anak akan berdampak pada anak mengetahui bahwa makanan yang bisa dimakan tersebut tidak hanya itu-itu saja sehingga anak mau makan semua makanan yang disajikan didepan dia. Nah bagi orang tuanya dapat mengetahui makanan apa saja yang membuat seorang anak menjadi alergi. Jadi makanan tersebut yang harus dihindari dalam memberi makan anak selanjutnya.

  • Buat suasana makan menjadi menyenangkan

Buatlah suasana makan anak menjadi senang dan bahagia. Jangan buat suasana makan itu-itu saja (monotone). Hal tersebut akan membuat anak cepat bosan. Ketika suasana baru dan menyenangkan, biasanya sang anak akan menjadi lebih bersemangat dalam melahapi makanannya. Jangan lupa pilih tempat makan yang tidak terlalu ramai dan banyak gangguan. Biasanya konsentrasi anak akan menjadi terganggu dan pastinya sang anak akan memilih untuk bermain dan mengamati keramaian tersebut.

  • Buat sajian makanan semenarik mungkin

Jaman sekarang ini banyak sekali orang-orang yang membagikan sesuatu termasuk sajian makanan untuk anak. Banyak sekali sajian yang menarik-menarik. Mungkin hal tersebut dapat menjadi referensi dalam memberikan makanan kepada anak agar anak malas makan jadi mau makan dengan lahap.

  • Jangan bumbui dengan paksaan

Memaksa, mengancam, dan membujuk anak dengan cara yang cenderung kearah kasar akan membuat anak malas makan bertambah-tambah. Bujuklah anak Anda dengan lembut dan ramah untuk mau makan makanan yang telah disajikan.

  • Ajak anak menyiapkan makannya

Seorang anak yang lagi aktif-aktifnya pasti senang untuk melakukan sesuatu hal. Mulai saat ini manfaatkanlah momentum tersebut untuk mengajak anak dalam menyiapkan makannya sendiri. Sebagai contoh minta tolong untuk ambilkan buah dan sayuran. Anak akan dengan senang hati dan tidak dapat dipungkiri lagi bahwa sang anak nantinya akan mau makan dengan makanan yang disiapkan oleh dirinya sendiri.

Demikianlah beberapa tips atau cara agar anak malas makan jadi anak rajin makan. Yang perlu dipahami adalah orang tua harus sabar dalam menyikapi anak yang mengalami picky eatting. Hal ini adalah wajar dan setiap anak pasti akan melalui fase tersebut. Ketika sang anak berada pada fase tersebut, mulailah berpikir cerdas dalam menghadapi anak tersebut supaya kesehatan anak tetap terjaga.

Toko Obat Herbal

Check Also

Olahraga yang Sesuai untuk Orang Tua

5 Olahraga yang Sesuai untuk Orang Tua

Olahraga yang Sesuai untuk Orang Tua – Olahraga merupakan salah satu aktifitas yang sebenarnya wajib …