Home / Gaya Hidup / Bahaya Konsumsi Gorengan yang Perlu Anda Tahu

Bahaya Konsumsi Gorengan yang Perlu Anda Tahu

Bahaya Konsumsi Gorengan yang Perlu Anda Tahu

Gorengan adalah salah satu jenis makanan yang mudah untuk Anda jumpai. Banyak orang menjajakan makanan di pinggir jalan yang sifatnya perlu proses penggorengan. Seperti ayam goreng, pisang goreng, tempe goreng, tahu goreng, dan masih banyak lagi jenis gorengan yang dijajakan di pinggir jalan. Tidak hanya di pinggir jalan, diwarung makan pun Anda pasti akan menemui jenis makanan yang perlu proses penggorengan dengan menggunakan minyak. Iya khan? Kok bisa? Karena menggoreng atau membuat makanan dengan memanfaatkan media minyak sebagai bahan untuk menggorengnya adalah cara membuat makanan yang paling mudah. Kalau Anda dirumah ingin makan dan tidak ada makanan dirumah Anda dan yang ada hanyalah telor mentah, pasti yang akan Anda lakukan adalah menggoreng telor tersebut sehingga akan menjadi telor goreng. Percaya atau tidak, ternyata terdapat bahaya konsumsi gorengan yang perlu Anda waspadai. Terkadang hal tersebut menjadi sesuatu hal yang Anda lupakan karena sudah asyik mengkonsumsi gorengan tersebut.

Walaupun Anda atau orang disekeliling Anda mengetahui bahwa terdapat bahaya mengkonsumsi gorengan, akan tetapi karena kemudahan dan kemurahan dalam mendapatkan atau mengolahnya membuat seseorang terkesan mengesampingkan bahaya konsumsi gorengan. Jika Anda mengkonsumsi gorengan tersebut secara wajar, mungkin masih bisa dalam masa toleransi. Tidak berlaku jika Anda mengkonsumsi gorengan secara berlebih. Bahaya konsumsi gorengan akan semakin meningkat dan penyakit kronispun akan menjadi hantu buat diri Anda sendiri. Oleh karena itu, ketika Anda sudah mengetahui bahaya konsumsi gorengan, alangkah baiknya untuk benar-benar mengamalkan hal tersebut agar tidak terjangkit penyakit kronis yang disebabkan oleh kebanyakan konsumsi gorengan. Boleh saja Anda mengkonsumsi gorengan, asalkan tidak perlu banyak-banyak dan terlalu sering.

bahaya konsumsi gorengan
bahaya konsumsi gorengan

Beberapa Hal yang Meningkatkan Bahaya Konsumsi Gorengan

Untuk menghindari bahaya konsumsi gorengan, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Diantaranya adalah :

  • Minyak kotor dan tidak pernah diganti

Perlu berhati-hati jika Anda membeli gorengan di pinggir jalan. Walaupun tidak semua penjual gorengan melakukan hal tersebut, ada beberapa oknum penjual gorengan yang menggunakan minyak goreng kotor dan tidak pernah diganti. Hal ini merupakan salah satu bahaya konsumsi gorengan yang perlu diperhatikan. Minyak goreng yang tidak pernah diganti akan mengendap dan membentuk lemak trans yang sangat berbahaya bagi kesehatan Anda. Berikut bahaya dari penggunakan minyak goreng kotor dan tidak pernah diganti diantaranya :

– Memicu serangan jantung

Serangan jantung biasanya diakibatkan oleh kolesterol jahat yang cukup tinggi bersarang di dalam tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi gorengan yang digoreng menggunakan minyak yang kotor atau tidak pernah diganti maka akan mengakibatkan kolesterol jahat dalam tubuh akan meningkat dan efeknya adalah terpicunya serangan jantung.

– Gatal pada tenggorokan

Biasanya gatal pada tenggorokan diakibatkan oleh senyawa akreolin yang terbentuk dari endapan-endapan minyak goreng yang masuk ke dalam tubuh manusia.

– Memicu tekanan darah tinggi atau hipertensi

Tekanan darah tinggi penyebabnya hampir sama dengan serangan jantung. Yaitu karena jumlah kolesterol jahat dalam tubuh cukup tinggi. Sehingga disarankan konsumsi gorengan secukupnya saja.

– Kanker

Mengkonsumsi gorengan yang terus menerus dan dalam jumlah yang banyak, tidak jarang akan menimbulkan kanker dalam tubuh. Hal ini biasanya terjadi pada gorengan yang jarang mengganti minyak untuk menggorengnya dan kotor. Sehingga alangkah baiknya jika ingin membuat gorengan atau membeli gorengan, perhatikanlah terlebih dahulu minyak yang digunakan untuk menggorengnya.

– Diabetes

Hati-hati dengan minyak goreng yang jarang diganti dan terlihat kotor. Karena salah satu penyebab timbulnya diabetes dalam tubuh dikarenakan oleh gorengan yang digoreng menggunakan minyak kotor atau tidak pernah diganti.

  • Tempat yang kurang bersih

Biasanya para penjual gorengan  menjual jajanannya di pinggir jalan dan kurang memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar. Apalagi biasanya dapat Anda jumpai penjual gorengan yang tidak memperhatikan kebersihan gerobak jualannya. Hal ini dapat meningkatkan bahaya konsumsi gorengan yang perlu Anda waspadai. Walaupun minyak yang digunakan selalu bersih alias selalu diganti, tetapi jika tempat jualannya tidak diperhatikan kebersihannya, hal ini juga akan mengakibatkan penyakit. Biasanya penjual gorengan yang menjual dagangannya di pinggir jalan akan mudah sekali terpapar oleh debu atau polusi yang ada di sekitarnya. Selain itu, ada juga lalat atau serangga lain yang dapat masuk kedalam jajanan yang dijual diatas gerobaknya. Hal ini sungguh perlu perhatian khusus dari penjual gorengan tersebut. Karena apa? Karena hal tersebut merupakan salah satu bahaya konsumsi gorengan yang perlu diperhatikan dan perlu diwaspadai. Beberapa penyakit yang akan ditimbulkan dengan tidak bersihnya tempat jualan gorengan tersebut adalah :

– Diare

– Alergi dan gatal-gatal

– Terasa mual setelah mengkonsumsi

  • Bahan baku pembuatan gorengan

Jaman sekarang Anda harus lebih berhati-hati jika membeli jajanan di pinggir jalan. Ada beberapa oknum yang memanfaatkan jualannya dengan menggunakan bahan dasar yang tidak diperbolehkan masuk kedalam tubuh. Seperti halnya boraks, formalin, tawas, pemutih, pewarna tekstil, minyak yang dicampur dengan plastik, dan masih banyak lagi. Hal ini sudah menyalahi aturan kementrian kesehatan dan pastinya akan berbahaya bagi kesehatan manusia.  Bahaya konsumsi gorengan yang menggunakan bahan dasar diatas diantaranya adalah :

– Terjadi alergi seperti gatal-gatal

– Terjadi radang tenggorokan

– Batuk-batuk

– Kanker

– Liver

– Gagal ginjal

Nah, dapat Anda lihat dan pahami dari bahaya konsumsi gorengan secara asal-asalan Anda beli di pinggir jalan. Hal tersebut sebenarnya hanyalah ulah oknum semata yang ingin melipatgandakan penghasilan dengan cara-cara yang tidak dibenarkan secara dunia kesehatan. Padahal dengan cara yang baik dan sesuai aturan kesehatan, keuntungan yang didapat akan lebih berkah bagi mereka dan keluarganya. Untuk mewaspadai keinginan Anda untuk membeli gorengan di jalan, alangkah baiknya menyimak tips membeli gorengan dibawah ini supaya bahaya konsumsi gorengan yang telah dipaparkan diatas tidak menyerang Anda dan keluarga Anda

Tips membeli gorengan yang benar

  • Mengecek kadar minyak

Hal ini bisa dibuktikan secara kasat mata atau dengan mata telanjang. Apakah minyak yang digunakan adalah minyak bersih ataukah minyak kotor.

  • Perhatikan lokasi penjual gorengan

Lokasi sekitar adalah cerminan penjualnya juga. Kenapa? Karena biasanya orang yang selalu mengutamakan kebersihan akan membersihkan dagangannya beserta lingkungan sekitarnya sehingga orang yang datang untuk membeli akan merasa nyaman dan senang.

  • Beli pada penjual gorengan yang menggunakan etalase

Penjual gorengan yang menggunakan etalase akan mengutamakan kebersihan dagangannya dari debu dan serangga yang akan hinggap pada dagangannya. Dengan menggunakan etalase yang dapat ditutup rapat, akan mengurangi pencemarang debu dan serangga yang akan menempel pada gorengannya.

Demikianlah beberapa bahaya konsumsi gorengan dan tips membeli gorengan yang benar. Semoga dengan adanya artikel ini Anda akan lebih waspada terhadap gorengan yang dijual dipinggir jalan. Dan semoga Anda terhindar dari pedagang-pedagang nakal yang ingin meraup keuntungan sebesar-besarnya tanpa memikirkan kesehatan pelanggannya.

Toko Obat Herbal

Komentar Lewat Facebook

About admin

Jadikanlah dirimu manfaat bagi orang lain

Check Also

Cara Melupakan Mantan Pacar

11 Cara Melupakan Mantan Pacar Terbukti Ampuh

Cara Melupakan Mantan Pacar — Setiap orang yang jatuh cinta pasti pernah mengalami yang namanya putus …